10 Proyek Terlama di Sumatera Barat, Ternyata Ini Kendalanya

10 Proyek Terlama di Sumatera Barat, Ternyata Ini Kendalanya
Gedung Kebudayaan Sumatera Barat Mangkarak
HALONUSA.COM - 10 proyek terlama di Sumatera Barat (Sumbar), ternyata ini kendalanya.

Ada sejumlah pembangunan infrastruktur yang membutuhkan pengerjaan yang cukup lama karena sejumlah masalah menghambat pembangunannya.

Seperti dilansir Halonusa.com melalui YouTube Creative Hamdi, Selasa, 6 Juni 2023, di Sumbar ada sejumlah proyek memakan waktu pembangunan yang lama.

Adapun penyebab proyek itu berjalan lama diantaranya karena keterbatasan anggaran, terganjallnya pembebasan lahan, izin hutan lindung maupun tersandung kasus hukum.

Berikut 10 proyek terlama di Sumatera Barat :

1. Proyek Alahan Panjang - Pesisir Selatan (Pessel)

Pembangunan jalan penghubung tembus Alahan Panjang - Pesisir Selatan tidak kunjung selesai hingga kini karena panjangnya mencapai 44 kilometer (km). Pekerjaannya dilakukan secara multiyears sejak tahun 2010 silam.

Namun sampai kini proyek pembangunan jalan tersebut masih dalam pengerjaan.

2. Proyek Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid yang memiliki desain terindah ini mulai dibangun sejak tahun 2007 hingga selesai tahun 2019 silam. Lama proyek tersebut karena pengerjaan yang bertahap dan keterbatasannya anggaran provinsi Sumbar.

Pembangunannya mencapai Rp350 miliar.

3. Proyek Jalan Nipah - Teluk Bayur

Proyek pariwisata lingkar darat di Kota Padang, Provinsi Sumbar ini mulai sejak tahun 2010 namun baru selesai pada tahun 2020. Panjang jalannya mencapai 20 km yang menghubungkan wisata Kota Tua Padang, Gunung Padang, Pantai Air Manis dan Teluk Bayur.

4. Pembangunan Jembatan Kuranji Padang

Proyek ini terganjal akibat alotnya pembebasan lahan. Jembatan yang menghubungkankawasan Limau Manih dan Kuranji ini menghabiskan dan Rp50,3 miliar.

5. Pembangunan Flyover Kelok 9

Dibangun sejak tahun 2003, Flyover yang berada di kawasan Cagar Budaya di Kabupaten Limapuluh Kota ini selesai pada tahun 2013 yang menelan anggaran sekitar Rp650 miliar.

6. Pembangunan Gedung Budaya Sumbar

Total anggaran pembangunan ini mencapai Rp148 miliar yang dibangun sejak tahun 2015 hingga sekarang.

Gedung tersebut dibangun dengan konsep arsitektur modern dengan mempertahankan kultur lokal yakni terdiri dari 3 bagian modern, tradisional dan pos modern.

7 Pembangunan Stadion Utama Sumbar

Stadion Utama Sumbar ini terletak di Sikabu, Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman anggaran yang sudah dikeluarkan mencapai Rp500 miliar.

8 Pembangunan Asrama Haji Sumbar

Lokasinya di Sungai Buluh, Kabupaten Padang Pariaman, dibangun sejak tahun 2015 skema proyek tersebut multiyears Rp365 miliar terkesan lambat.

9. Pembangunan Gedung Balai Diklat Pertanian di Bukittinggi

Hingga saat ini pembangunan tersebut masih terbangkalai, dibangun sejak tahun 2016 dengan proyek berjamak diperkirakan hingga siap pakai akan menelan dana Rp25 miliar.

10. Pembangunan Tol Padang-Pekanbaru

Diresmikan pembangunan oleh Presiden Jokowi pada tahun 2018 namun hingga kini masih belum jelas. Salah satu kendalannya karena pembebasan lahan. (*)

Berita Lainnya

Index