10 Tempat Wisata di Kabupaten Tanah Datar yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Lebara Idul Fitri 1443 H

Tempat wisata Air Terjun Lembah Anai
Tempat wisata Air Terjun Lembah Anai

HALONUSA.COM – Libur lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah tinggal sebentar lagi. Selain berkunjung ke rumah sanak famili, tentunya para pemudik juga akan melakukan wisata di berbagai lokasi.

Di Kabupaten Tanah Datar, ada banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi untuk sekedar berlibur dan menghilangkan kepenatan bekerja selama ini.

Bacaan Lainnya

Berikut 10 rekomendasi tempat wsiata yang ada di Kabupaten Tanah Datar yang bisa dikunjungi saat liburan Idul Fitri 1443 Hijriah.

1. Wisata Istana Pagaruyung/Istana Basa

Istana Pagaruyung atau biasa disebut Istana Basa terletak di kota Batusangkar. Awalnya istana merupakan kediaman bagi keluarga kerajaan Pagaruyung, namun saat ini sudah diubah menjadi tempat wisata. Berbentuk rumah gadang, istana ini memiliki 3 tingkat dengan ukiran dinding dan langit-langit serta kain-hiasan yang indah decak kagum setiap pengunjung.

Di Lantai satu Anda dapat menemukan Anjuang yaitu tempat untuk raja bermeditasi, bermusyawarah, sekaligus kamar tidur bagi permaisuri. Selain itu ada kamar anak raja sebanyak 7 tempat, dengan ruangan tengah berisi singasana Bunda Kanduang untuk mengawasi tamu. Peninggalan kerajaan juga ditampilkan di etalase.

Lantai dua berisi ruangan kosong untuk anak perempuan raja yang belum menikah, Anda dapat menikmati keindahan bukit hijau di bagian belakang. Di lantai 3 merupakan tempat penyimpanan alat kebesaran raja. Anda juga bisa menyewa pakaian adat Minangkabau untuk berfoto sebagai oleh-oleh.

Pos terkait