12 Sapi Positif PMK di Kota Padang Berasal dari Medan

Ilustrasi, Sapi Ternak di Kota Padang
Ilustrasi, Sapi Ternak di Kota Padang

HALONUSA.COM – Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Syahrial Kamat menyatakan bahwa 12 ekor sapi yang dinyatakan positif Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) berasal dari Medan.

“Sapi tersebut berasal dari daerah Medan dan sapi itu sampai di sini sebelum Pemerintah Provinsi (Pemprov) mengeluarkan Surat Edaran (SE) terkait antisipasi PMK ini,” katanya.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, sapi yang berada di daerah Lubuk Bagaluang tersebut diketahui positif setelah satu ekor sapi terlihat gejala PMK.

“Dari 12 ekor sapi yang sampelnya diambil tersebut, semuanya dinyatakan positif PMK,” lanjutnya.

Saat ini, Pemerintah telah mengeluarkan larangan untuk sapi dari luar daerah luar Sumatera Barat masuk ke Sumatera Barat.

Sebelumnya, Sebanyak 12 ekor sapi di Kota Padang dinyatakan positif Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

“Dari hasil pemeriksaan, ada sebanyak 12 ekor sapi yang dinyatakan positif PMK,” katanya.

Ia mengatakan, diketahuinya ada sapi yang memiliki gejala PMK di Kota Padang, saat pihaknya mendapatkan laporan dari masyarakat.

“Setelah mendapatkan laporan tersebut, kami langsung melakukan pengecekan dan pengambilan sampel,” katanya.

Setelah pengambilan sampel tersebut, pihaknya mendapatkan hasil bahwa 12 sampel yang dikirim ke laboratorium tersebut dinyatakan positif PMK.

“Saat melihat adanya gejala itu, 12 ekor sapi tersebut langsung kami isolasi di kandang yang berbeda,” lanjutnya.

Menurutnya, saat ini 12 ekor sapi tersebut masih dirawat di kandang yang disediakan tersebut. Sementara satu ekor sapi lainnya yang memiliki gejala lebih parah diisolasi tersebdiri.

Pos terkait