14 Bank Penyalur KUR 2023, Ajukan Pinjaman Sekarang dan Tambah Modal Usaha

14 Bank Penyalur KUR 2023, Ajukan Pinjaman Sekarang dan Tambah Modal Usaha
Ilustrasi KUR 2023
HALONUSA.COM - Dalam artikel ini terdapat informasi tentang 14 Bank yang menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada tahun 2023.

14 Bank penyalur KUR tahun 2023 ini adalah bank Nasional dan juga beberapa Bank daerah yang sudah dikonfirmasi sebagai penyalur pinjaman bantuan permodalan tersebut.

Seperti diketahui, KUR adalah salah satu produk permodalan untuk pemilik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang diberikan oleh pemerintah dalam bentuk pinjaman.

Dalam aturan baru Peraturan Mentri Koordinasi Bidang Perekonomian (Permenko) menyatakan bahwa untuk bunga KUR hanya dibenarkan sebanyak 3 persen saja.

Selain itu, dalam aturan baru tersebut, KUR juga sudah diperuntukkan bagi petani yang bisa mengajukan pinjaman untuk usaha pertanian.

Berikut 14 Bank penyedia KUR yang bisa diajukan sebagai pinjaman penambahan permodalan bagi pemilik UMKM di seluruh Indonesia.

14 Bank Penyedia KUR 2023


1. Bank BRI

Bank BRI dikenal sebagai penyalur KUR terbanyak dan terlama di Indonesia. Karena, Bank BRI sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

2. Bank BNI

Sama seperti Bank BRI, Bank BNI juga merupakan penyalur dana KUR sudah sejak lama. Status dari Bank BNI ini juga sama dengan Bank BRI, yaitu sebagai BUMN.

3. Bank BSI

Bank BSI juga sama dengan Bank BNI dan Bank BRI sebagai BUMN yang ditunjuk penyalur KUR. Meskipun Bank BSI masih tergolong muda, tetapi dengan ciri khas syariahnya, Bank BSI tetap menjadi penyalur KUR.

4. Bank Mandiri

Tidak berbeda dengan tiga Bank sebelumnya, Bank Mandiri juga merupakan penyalur KUR pada tahun 2023 ini. Bank Mandiri juga merupakan BUMN.

5. BCA

Bank BCA adalah salah satu pemilik produk KUR, tetapi belum diketahui, apakah produk KUR Bank BCA ini merupakan penyaluran dari pemerintah atau tidak.

6. Bank BTN

Bank BTN sebenarnya dikenal sebagai penyalur dana perumahan, tetapi Bank yang juga merupakan BUMN ini juga ditunjuk sebagai penyalur KUR pada tahun 2023 ini.

7. Bank Bukopin

Bank Bukopin adalah Bank swasta yang merupakan penyalur KUR juga. Bank ini juga sudah dikenal lama yang memfokuskan bisnisnya pada 4 sektor yaitu UMKM, Mikro, Konsumer dan Komersial.

8. Pegadaian

Pegadaian juga merupakan salah satu penyalur KUR pada tahun 2023 ini. Terhitung sejak Juli 2022 lalu, Pegadaian masih dipercaya sebagai penyalur dari pinjaman permodalan tersebut.

9. Bank Nagari

Untuk masyarakat Sumatera Barat, tentunya sudah mengetahui bahwa Bank Nagari yang merupakan bank daerah juga menyediakan pinjaman KUR.

10. Bank BPD Bali

Bank penyalur KUR selanjutnya adalah Bank BPD Bali yang juga sudah lama menyalurkan bantuan permodalan tersebut. Karena Bank BPD Bali dikenal sebagai bank penyalur KUR.

11. Bank DKI

Bank DKI juga merupakan penyalur KUR bagi masyarakat yang ber KTP DKI Jakarta. Bank DKI ini dikenal sebagai penyalur KUR yang cukup lama juga.

12. Bank Aceh Syariah

Bank penyalur KUR selanjutnya adalah Bank Aceh Syariah yang memberikan pinjaman permodalan untuk masyarakat Aceh dan sekitarnya.

13. Bank Sumut

Bank Sumut juga merupakan Bank penyalur KUR pada tahun 2023 ini. Bank Sumut juga sikenal lama sebagai penyalur KUR yang diberikan kepada pemilik UMKM

14. Bank Jatim

Selanjutnya adalah Bank Jatim yang juga ditunjuk sebagai penyalur KUR pada tahun 2023 ini.

Itulah 14 bank penyalur KUR pada tahun 2023 yang bisa diajukan oleh masyarakat. Semoga artikel ini bermanfaat. (*)

Berita Lainnya

Index