15 KONI Kota dan Kabupaten Tolak Dukungan Sebagai Syarat Maju di Musorprovlub

Penolakan persyaratan maju jadi Ketua KONI Sumbar oleh beberapa pengurus daerah. (Foto: Dok. Istimewa)
Penolakan persyaratan maju jadi Ketua KONI Sumbar oleh beberapa pengurus daerah. (Foto: Dok. Istimewa)

HALONUSA.COM – Sebanyak 15 Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota dan Kabupaten di Sumatera Barat sepakat menolak adanya surat dukungan dari Cabang Olahraga (Cabor) dan KONI daerah sebagai syarat wajib seseorang maju menjadi Ketua Umum KONI Sumbar di ajang Musyawarah Olahraga Provinsi Luar Biasa (Musorprovlub).

Hal tersebut disampaikan langsung  oleh Ketua Forum Koordinator Ketua KONI kota dan kabupaten se-Sumbar Tommy Irawan Selasa mengatakan pihaknya telah mengadakan pertemuan dengan seluruh Ketua KONI kota dan kabupaten di Sumbar untuk menolak hal ini.

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan syarat dukungan dengan ambang batas 30 persen dari jumlah cabang olahraga yang ada tidak diatur dalam AD/ ADRT KONI. Bahkan syarat ini menjadi batu sandungan bagi calon yang ingin memajukan olahraga Sumbar.

Menurutnya saat ada Musorprov, KONI kota dan kabupaten ini kerap diobok-obok oleh kepentingan calon yang meminta dukungan sebagai syarat untuk maju.

“Seakan-akan kami ini hanya dibutuhkan saat ingin pemilihan saja. Kami sepakat semua untuk memiliki satu kandidat dari salah satu Ketua KONI dan dukungan yang telah kita berikan ke calon sebelumnya tidak berlaku. Ini kesepakatan kami,” katanya.

Selain itu, saat ini Plt Ketum KONI dan Sekum malah sibuk mengumpulkan dukungan sebagai syarat maju bukan mempersiapkan Musorprovlub ini dengan sebaik-baiknya.

“Panitia kabarnya sudah terbentuk namun ada celetukan mereka menunggu dukungan lengkap baru menggelar Rapat Koordinasi dengan Cabor dan KONI kota dan kabupaten.Ini kan tidak benar, harusnya kami Rakor dulu untuk menentukan tata cara Musorprovlub ini. Ada pembentukan steering comitte, panitia hingga TPP,” katanya.

Pos terkait