15 Lokasi Wisata di Kota Sawahlunto yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Lebaran 1443 H

Danau Biru Sawahlunto
Danau Biru Sawahlunto

HALONUSA.COM – Libur Lebaran 1443 Hijriah semakin dekat. Pembaca tentunya sudah memiliki rencana untuk libur lebaran kali ini.

Jika belum memiliki rencana, beberapa rekomendasi lokasi wisata ini bisa menjadi patokan untuk berlibur bersama keluarga.

Bacaan Lainnya

Berikut daftar lokasi wisata yang ada di Kota Sawahlunto yang bisa dikunjungi saat libur lebaran 1443 Hijriah bersama keluarga.

1. Danau Biru

Meski menyisakan kerusakan lingkungan yang parah, namun bekas galian tambang batubara di Sawahlunto ternyata juga meninggalkan potensi wisata yang besar.

Layaknya Danau Kaolin di Pulau Bangka Belitung, Danau Biru tercipta akibat bekas galian tambang batubara yang telah ditinggalkan. Jalanan sekitar danau yang berbatu membuat rute perjalanan menuju Danau Biru ini cukup menantang.

Perjalanan yang panjang dan memacu adrenalin akan terbayar lunas setibanya kamu di lokasi danau. Meski sudah viral di media sosial, fasilitas pendukung untuk wisatawan masih sangat minim. Pastikan untuk membawa bekal makanan yang cukup ya, agar tidak kelaparan dan kelelahan selama perjalanan.

2. Bukit Cadas Danau Kandih

Selain Danau Biru ternyata ada danau bekas galian tambang batubara yang telah lebih dulu populer, namanya Danau Kandih.

Meski airnya tidak berwarna biru seperti di danau biru, panorama alam perbukitan bekas area tambang di sini tidak kalah menariknya.

Air di danau Kandih ini bersumber dari Sungai Batanghari. Tidak heran bila ada sebagian orang yang memancing di tepian danau.

Pos terkait