215 Kasus Pelecehan Seksual Terhadap Perempuan dan Anak Terjadi di Sumatera Barat di 2021, Prihatin

  • Whatsapp
Ilustrasi rudapaksa. (Foto: Dok. Shutterstock)
Ilustrasi rudapaksa. (Foto: Dok. Shutterstock)

HALONUSA.COM – Kepolisian Daerah Polda Sumatera Barat (Polda Sumbar) mencatat sebanyak 215 kasus tindak kekerasan seksual terhadap anak terjadi selama tahun 2021.

“Di tahun 2021 terhitung hingga Oktober lalu, kami sudah menerima laporan sebanya 215 dan angka itu meningkat dibanding tahun lalu,” kata Kabid Humas Polda Sumatera Barat Kombes Pol Satake Bayu.

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan, pada tahun 2020, tindak kekerasan seksual terhadap anak yang terjadi di Sumatera Barat sebanyak 208 kasus.

Menurutnya, untuk pelaku kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak dan atau rudapaksa kebanyakan berasal dari orang terdekat seperti paman, ayah angkat serta kerabat keluarga dekat lainnya.

“Tidak di pungkiri, pelaku asusila juga berasal dari teman dekat korban sendiri, seperti kekasih korban dengan di iming imingi akan dinikahi. Korban pun di perdaya untuk melakukan hal-hal yang tidak semestinya,” lanjutnya.

Diketahui, untuk Kota Padang sendiri hingga pertengahan November 2021 lalu, laporan kasus kekerasan seksual terhadap anak yang diterima Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang sebanyak 85 laporan.

Salah satu di antara laporan tersebut adalah kasus kekerasan seksual yang dilakukan oleh keluarga korban yang terungkap pada pertengahan November 2021 lalu. (*)

Pos terkait