5 Ciri Skincare Tidak Cocok Pada Kulit Kamu, Kenali Gejala dan Faktor Penyebab

Tips memilih skincare yang cocok pada kulit
Artis Punya Bisnis Skincare. (Instagram/felicyangelista_)

HALONUSA COM – Merawat wajah sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Khususnya, para wanita yang meinginkan kulit sehat dan mulus.

Kamu pun pasti sudah tidak asing lagi dengan berbagai rangkaian skincare, seperti face wash, toner, serum, pelembab, sunscreen dan produk lainnya.

Bacaan Lainnya

Ada banyak alasan mengapa akhirnya orang memakai sebuah produk skincare. Bisa karena memang butuh, tergiur review selebgram atau beauty blogger, dan ada juga yang hanya sekadar coba-coba.

Namun, siapa sangka ternyata tidak semua skincare cocok untuk segala jenis kulit. Memilih skincare ibarat memilih jodoh, kamu harus memilih yang cocok.

Tidak semua produk skincare memberikan hasil yang sama di setiap orang. Misalnya, jika produk yang dipakai justru menimbulkan jerawat di wajahmu, itu artinya produk tersebut tidak cocok.

Tapi, jika kamu terlanjur membelinya kamu harus memperhatikan perubahan pada wajahmu. Jika salah satu dari 5 hal berikut kamu alami setelah memakai produk skincare maka kamu harus segera menghentikan pemakaiannya.

Berikut Ciri Ciri Skincare Tidak Cocok Pada kulitmu

Irititasi

Memang salah satu kasus ketidakcocokan skincare yang paling sering terjadi adalah masalah iritasi.

Adanya iritan dalam produk skincare membuat reaksi peradangan muncul di area lokal kulit akibat kontak langsung dengan kulit.

Faktor Penyebab

Beberapa bahan di dalam skincare seperti benzoil peroksida bisa menyebabkan iritasi ringan, kemerahan, atau sensasi terbakar selama berhari-hari. Kulit mengalami kontak dengan bahan skincare yang mengandung bahan iritan yang menurunkan fungsi sawar kulit. Sehingga sel-sel kulit mengalami kerusakan.

Pos terkait