5 Daerah Pendapatan Terbaik Hingga Terburuk Selama 2021

Ilustrasi APBD
Ilustrasi APBD

HALONUSA.COM – Kementrian Dalam negeri (Kemendagri) sudah mencatat beberapa daerah yang memiliki pengelolaan keuangan yang baik selama tahun 2021.

Plh Dirjen Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kemendagri, Agus Fatoni mengatakan, realisasi APBD Tahun Anggaran 2021 lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya.

“Realisasi pendapatan provinsi, kabupaten, dan kota tahun 2021 per 31 Desember mencapai Rp 1.115,10 triliun atau 95,59 %,” katanya.

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan, lima provinsi dengan persentase realisasi pendapatan tertinggi pada APBD Tahun Anggaran 2021 adalah Gorontalo, Jawa Timur, Papua Barat, Riau, dan Bangka Belitung.

Untuk lima kabupaten dengan realisasi pendapatan tertinggi 2021 adalah Bengkalis, Tulungagung, Tapanuli Selatan, Kutai Timur, Siak.

Lima kota dengan realisasi pendapatan tertinggi 2021 yaitu Blitar, Madiun, Batu, Magelang, Tanjung Pinang.

Sementara itu, lima provinsi dengan persentase realisasi belanja tertinggi pada APBD 2021 adalah Papua Barat, Jawa Barat, Lampung, Kepulauan Riau, dan Kalimantan Selatan.

Kemudian lima kabupaten dengan realisasi belanja tertinggi adalah Gayo Lues, Kolaka Utara, Bolaang Mongondow Utara, Lampung Selatan, dan Kubu Raya.

Kota dengan realisasi belanja tertinggi antara lain Sukabumi, Kotamobagu, Bima, Mataram, dan Tanjung Pinang.

Pos terkait