5 Fakta Vitamin C Selain Meningkatkan Imunitas Tubuh

Carefree young beautiful girl using two halfs of oranges instead of binocular over her eyes on blue background.

HALONUSA.COM – Memperkuat imunitas di masa pandemi Covid-19 sangat dibutuhkan dan salah satunya dengan memenuhi kebutuhan vitamin C.

Vitamin C merupakan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan bermanfaat dalam menangkal virus dan penyakit.

Bacaan Lainnya

Sejumlah fakta menarik dari vitamin C, berikut 5 fakta penting yang harus sobat halonusa ketahui:

Antioksidan Saat Terjadi Peradangan Kronik

Peradangan kronis dapat menyebabkan banyak penyakit, termasuk gangguan lambung (gastritis), gangguan pencernaan, diabetes tipe-2, obesitas, peradangan paru, penyakit saraf menahun, penyakit jantung dan pembuluh darah.

Vitamin C bisa menjadi antioksidan saat adanya peradangan kronis dan stres oksidatif akibat kondisi kronis.

Karena efek sebagai antioksidan ini berhubungan erat dengan sistem imun tubuh yang diatur oleh sel darah putih yang membutuhkan vitamin C untuk proses perbanyakannya.

Diketahui dalam tubuh memang tersedia antioksidan endogen, namun dalam kondisi tertentu jumlahnya tidak cukup sehingga memerlukan vitamin C dan mineral lain sebagai antioksidan eksogen.

Obati Pendarahan Pada Gusi

Vitamin C juga bisa bermanfaat untuk mencegah dan mengobati pendarahan gusi dan perdarahan bawah kulit yang bila dibiarkan bisa mengakibatkan gangguan penyembuhan luka, anemia dan gangguan pertumbuhan tulang.

Masalah kesehatan ini terjadi pada orang-orang yang jarang mengonsumsi buah dan sayur segar.

Sedangkan vitamin C dikenal sebagai asam askorbat ini termasuk salah satu zat gizi yang terkandung dalam buah dan sayur. Karena itu jangan sampai kamu kurang konsumsi buah dan sayur berasupan vitamin C.

Pos terkait