5 Fakta Vitamin C Selain Meningkatkan Imunitas Tubuh

Carefree young beautiful girl using two halfs of oranges instead of binocular over her eyes on blue background.

Konsumsi Vitamin C Sesuai Kebutuhan Vitamin C per Hari

Vitamin C bisa dikonsumsi sebesar 200 mg atau lebih setiap harinya, untuk mempertahankan kadar normalnya dalam darah.

Bacaan Lainnya

Namun, bila kita aktif berolahraga dan kegiatan fisik lainnya, maka perlu menambah suplementasi vitamin C 500-1,000 mg/hari supaya tidak mengalami gangguan pernapasan setelah berolahraga.

Sedangkan bagi mereka perokok dan sering mengonsumsi makanan yang tidak segar dan minuman keras, suplementasi vitamin C sangat diperlukan.

Supaya dapat terhindar dari penyakit jantung, dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin C dengan kadar 320-1,100 mg/hari.

Cara Penuhi Asupan Vitamin C

Untuk konsumsi asupan vitamin C, kita wajib mengkonsumsi buah dan sayur segar sebanyak tiga porsi per/hari. Kebutuhan akan vitamin C itu bisa diperoleh dari buah dan sayur.

Diantaranya adalah buah jambu biji mengandung 125 mg vitamin C di setiap buahnya, jeruk (70 mg/buah), pepaya (90 mg/150 mg buah), stroberi (90 mg/150 g buah).

Brokoli (80 mg), kembang kol (50 mg) dan bayam (8,5 mg/30 g).

Efek Kekurangan Vitamin C

Cukupi kebutuhan vitamin C dalam tubuh kamu, jangan sampai kekurangan karena kalau seseorang kekurangan vitamin C, maka akan terjadi hipovitaminosis C dalam darah atau status kekurangan vitamin C.

Kondisi ini bisa menyebabkan berbagai gejala klinis terkait dengan fungsi vitamin C sebagai anti-skorbut, anti-mikroba, anti peradangan atau antioksidan terkait penyakit kronis, penuaan dan imunitas tubuh.

Pos terkait