5 Penyakit Vagina Karena Infeksi

  • Whatsapp

HALONUSA.COM – Sakit pada bagian vagina merupakan masalah yang sering dialami kaum hawa. Hal tersebut dapat terjadi karena inveksi yang terjadi.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh bakteri, jamur, virus, atau parasit. Agar tidak mengalaminya, sangat penting untuk mengenali berbagai penyebabnya.

Ketika merasakan sakit di bagian vagina, kebanyakan perempuan merasakan keputihan yang berbau atau berubah warna, vagina terasa gatal atau perih, nyeri saat berhubungan seksual, anyang-anyangan, serta keluarnya darah dari vagina.

Meski demikian, gejala infeksi vagina juga bisa bervariasi tergantung penyebab infeksinya. Misalnya, keputihan dengan warna tertentu bisa saja menandakan infeksi vagina akibat kuman, jamur, atau parasit tertentu.

Berikut jenis penyakit vagina yang disebabkan oleh inveksi.

1. Vaginosis bakterialis

Vaginosis bakterialis adalah penyakit vagina yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Kondisi ini bisa menyebabkan keluhan keputihan yang berwarna putih keabu-abuan dan berbau amis. Vaginosis bakterialis terjadi ketika bakteri jahat penyebab infeksi tumbuh terlalu banyak dan menganggu jumlah bakteri baik vagina.

Ada beberapa faktor yang bisa membuat wanita lebih berisiko terkena infeksi ini, di antaranya penggunaan produk pembersih kewanitaan (vaginal douche), jarang membersihkan organ intim, hingga sering berhubungan intim tanpa kondom atau berganti pasangan.

2. Klamidia

Klamidia termasuk infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit ini dapat menular melalui hubungan seksual tanpa pengaman dengan orang yang menderita klamidia.

Pos terkait