5 Tempat Wisata Bekas Tambang Batu Bara di Sawahlunto yang Eksotis

Danau Biru Sawahlunto
Danau Biru Sawahlunto.

HALONUSA.COM – Berikut ini adalah daftar tempat wisata di Sawahlunto yang merupakan bekas tambang di masa lalu yang dijadikan lokasi untuk berwisata.

5 tempat wisata yang ada di Sawahlunto ini bisa kamu kunjungi bersama dengan teman atau keluargamu untuk menghabiskan hari libur.

Selain berwisata, kamu juga bisa mengunjungi tempat wisata di Sawahlunto ini sambil belajar tentang sejarah saat masa penjajahan dahulunya.

Bacaan Lainnya

Berikut 5 tempat wisata di Sawahlunto yang merupakan bekas tambang yang bisa kamu kunjungi bersama dengan teman dan keluargamu.

1. Danau Biru

Meski menyisakan kerusakan lingkungan yang parah, namun bekas galian tambang batubara di Sawahlunto ternyata juga meninggalkan potensi wisata yang besar.

Layaknya Danau Kaolin di Pulau Bangka Belitung, Danau Biru tercipta akibat bekas galian tambang batubara yang telah ditinggalkan. Jalanan sekitar danau yang berbatu membuat rute perjalanan menuju Danau Biru ini cukup menantang.

Perjalanan yang panjang dan memacu adrenalin akan terbayar lunas setibanya kamu di lokasi danau. Meski sudah viral di media sosial, fasilitas pendukung untuk wisatawan masih sangat minim. Pastikan untuk membawa bekal makanan yang cukup ya, agar tidak kelaparan dan kelelahan selama perjalanan.

2. Bukit Cadas Danau Kandih

Selain Danau Biru ternyata ada danau bekas galian tambang batubara yang telah lebih dulu populer, namanya Danau Kandih.

Meski airnya tidak berwarna biru seperti di danau biru, panorama alam perbukitan bekas area tambang di sini tidak kalah menariknya.

Air di danau Kandih ini bersumber dari Sungai Batanghari. Tidak heran bila ada sebagian orang yang memancing di tepian danau.

Fasilitas wisata yang ada di sini juga sangat lengkap, ada sepeda air, banana boat, dan bahkan area outbond.

3. Terowongan Lubang Mbah Soero

Siapa sangka jika di bawah Kota Sawahlunto terdapat terowongan sepanjang 1,5 kilometer? Terowongan ini merupakan salah satu objek wisata andalan Sawahlunto, namanya Lubang Mbah Soero.

Lubang ini dulunya merupakan salah satu fasilitas untuk penambangan batu bara. Nama Soero diambil dari nama mandor tambang batubara kala itu.

Pos terkait