7 Kuliner Khas Kabupaten Agam, Jangan Ngaku Pecinta Masakan Padang Kalau Belum Coba

7 Kuliner Khas Kabupaten Agam, Jangan Ngaku Pecinta Masakan Padang Kalau Belum Coba
Ilustrasi gulai lokan yang bisa kamu kunjungi sebagai rekomendasi makanan di Kabupaten Agam. (Foto: IDNTimes)|Ilustrasi Kuliner Lokan yang bisa kamu kunjungi sebagai rekomendasi makanan di Kabupaten Agam (foto: Halonusa.com)|Itiak Lado Ijau khas Kabupaten
HALONUSA.COM - Jika mengunjungi wilayah Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), kamu bisa mencicipi kuliner khas daerah tersebut.

Nah, pada artikel ini terdapat sebanyak 7 kuliner khas Kabupaten Agam. Jangan mengaku pecinta masakan Padang jika belum coba 7 kuliner ini.

Kuliner adalah salah satu daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke suatu daerah, begitu juga dengan wilayah Kabupaten Agam.

Terdapat beragam jenis masakan khas yang pastinya tidak boleh kamu lewatkan, di antaranya Itiak Lado Hijau dan Goreng Baluik Lado Mudo.

Ada juga Gulai Lokan, Cubadak Kicuah serta Gulai Kapalo Lauak hingga Palai Rinuak dan Lelan Asam Durian yang bisa kamu cicipi di Kabupaten Agam.

Berikut Halonusa.com rangkum masing-masing ulasannya yang bisa kamu jadikan inspirasi kuliner, ketika mengunjungi Kabupaten Agam saat liburan tahun baruan.

Rekomendasi Kuliner Khas Kabupaten Agam


1. Gulai Lokan

[caption id="attachment_41049" align="alignnone" width="569"]Kuliner Lokan Ilustrasi Kuliner Lokan yang bisa kamu kunjungi sebagai rekomendasi makanan di Kabupaten Agam. (Foto: IDNTimes)[/caption]

Lokan merupakan salah satu jenis karang yang lezat dikonsumsi, bisa disajikan dalam bentuk gulai atau dimakan langsung setelah direbus menggunakan bumbu khas.

Ukurannya sedikit lebih besar dari kerang biasa, cita rasa makanan laut yang khas menjadikannya lezat dan menggugah selera.

Apalagi daging lokan sangat kenyal, membuat lidah dimanjakan ketika mencicipinya dan sangat mantap dinikmati bersama seporsi nasi hangat di Kabupaten Agam.

Terdapat banyak tempat kuliner yang menyajikan menu tersebut di antaranya Warung Gulai Lokan, Rumah Makan Takana Juo Tiku hingga RM Celok Spesifik Lokan.

2. Itiak Lado Hijau

[caption id="attachment_41056" align="alignnone" width="875"]Itiak Lado Ijau Itiak Lado Ijau khas Kabupaten Agam. (Foto: IDNTimes)[/caption]

Seperti Gulai Lokan, Itiak Lado Hijau juga akan banyak kamu temui di sekitar Kabupaten Agam. Baik itu resto lesehan, maupun tempat kuliner sejenisnya.

Bumbu cabe hijau khas Kabupaten Agam ini, dibaluri berbagai jenis rempah lokal yang sangat cocok dihidangkan dengan daging bebek (itiak) lembut.

Cita rasa dan tampilannya, akan membuatmu langsung tergugah menikmatinya hingga ingin membungkus dan membawanya pulang sebagai oleh-oleh.

Salah satu nama resto yang direkomendasikan google di antaranya Itiak Lado Hijau Asli Koto Gadang, Itiak Lado Hijau Buk Linda dan Gulai Itiak Lado Hijau Bunda.

3. Goreng Baluik Lado Mudo

[caption id="attachment_41057" align="alignnone" width="871"]Baluik Lado Ijau Baluik Lado Ijau sebagai kuliner khas Kabupaten Agam. (Foto: bumbu resep)[/caption]

Kamu juga dapat menemukan Goreng Baluik Lado Mudo hampir di semua restoran wilayah Kabupaten Agam, dengan tekstur renyah sekaligus pedas gurih.

Cita rasa lado ijau dari balutan rempah lokal ini, cocok disantap untuk mengisi perut yang kelaparan di siang hari saat liburan tahun baruan.

4. Cubadak Kicuah

[caption id="attachment_41061" align="alignnone" width="871"]Cubadak Kicuah Kuliner Cubadak Kicuah khas Kabupaten Agam cocok dinikmati saat liburan tahun baruan. (Foto: kaba12.co.id)[/caption]

Makanan yang dibuat dari nangka muda ini, cukup lembut dimulut saat disantap dan dibuat menggunakan adonan bumbu rendang yang khas.

Cubadak Kicuah juga disajikan pada berbagai acara besar di Kabupaten Agam, sebab menghasilkan rasa seperti rendang khas Minang.

5. Gulai Kapalo Lauak

[caption id="attachment_41065" align="alignnone" width="788"]Gulai Kapalo Lauak kabupaten agam Gulai Kapalo Lauak khas kabupaten agam (foto: disparpora Kab Agam)[/caption]

Menu andalan dari Pesisir Tiku, Kecamatan Tanjung Mutiara ini satu porsinya mencapai harga dari Rp25.000 - Rp80.000 menurut disparpora Agam.

Makanan yang berbahan dasar ikan laut segar ini merupakan hasil tangkapan para nelayan lokal, dimasak menggunakan bahan rempah-rempah berkualitas khas.

6. Palai Rinuak

Rinuak merupakan ikan endemik yang berasal dari Danau Maninjau, memasaknya dengan cara dibungkus daun pisang menggunakan bumbu khas.

Kamu juga dapat menemui Palai Rinuak ini di berbagai resto wilayah Kabupaten Agam, mudah ditemui loh karena aroma panggang bakarnya cukup menarik pengunjung.

[caption id="attachment_41067" align="alignnone" width="788"]Palai Rinuak Palai Rinuak khas Kabupaten Agam (foto: sikamek sumbarprov)[/caption]

7. Lelan Asam Durian

[caption id="attachment_41070" align="alignnone" width="1360"]Lelan Asam Durian Kuliner Lelan Asam Durian khas Kabupaten Agam (foto: Pengguna Google Sumbar Info)[/caption]

RM suko mananti di Geragahan, Kec. Lubuk Basung, Kabupaten Agam menjadi salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi untuk menemukan kuliner ini.

Bisa juga menelfon nomor 0823-8712-3033 untuk memastikan pesanan ketersediaan Lelan Asam Durian terlebih dahulu, sebelum mengunjunginya.

Itulah rekomendasi kuliner khas di Kabupaten Agam yang wajib kamu cobain saat berlibur ke Kabupaten Agam, Sumatera Barat. (*)

Berita Lainnya

Index