7 Tempat Wisata Hidden Gem di Dharmasraya yang Wajib Dikunjungi

7 Tempat Wisata Hidden Gem di Dharmasraya yang Wajib Dikunjungi
Air Terjun Timbulun Dharmasraya (Foto: Instagram Fepuspita)
HALONUSA.COM - Dalam artikel ini terdapat 7 tempat wisata hidden gem di daerah Dharmasraya yang bisa kamu kunjungi bersama keluargamu.

Kamu bisa mengajak keluargamu berisata dan menghabiskan waktu di tempat wisata hidden gem yang ada di daerah Dharmasraya ini.

Karena, tempat wisata hidden gem ini sangat spesial dan tentunya menyajikan pemandangan yang indah yang bisa kamu nikmati.

Jika kamu ke Dharmasraya, kamu harus pergi ke tempat wisata hidden gem ini, karena tempat wisata ini akan memanjakan matamu.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati alam yang asri dan belum banyak diganggu oleh tangan-tangan tidak bertanggung jawab.

Berikut 7 tempat wisata hidden gem di daerah Dharmasraya yang bisa kamu kunjungi bersama keluargamu.

1. Air Terjun Timbulun


Sebuah air terjun mini dengan panorama yang indah dan modern. Meski sudah ada sentuhan modern namun keindahan air terjun ini tetap terjaga dengan baik. Debit air yang ada di sekitar air terjun ini juga cukup ramah sehingga aman untuk anak kecil.

Bagi Anda yang suka bermain air bersama keluarga maka tempat ini sangat pas dan cocok. Penuh dengan fasilitas murah dan memadai seperti toilet, ruang ganti dan kuliner.

Biaya masuk juga cukup terjangkau. Sudah dapat dipastikan ini adalah salah satu destinasi wisata yang merakyat.

Lokasi: Jorong Kubang Panjang Kenagarian IV Koto, Kec. Pulau Punjung, Kab. Dharmasraya.

2. Bendungan Batu Bakawik


Fungsi utama bendungan ini ialah untuk irigasi. Setidaknya ada ribuan lahan yang subur berkat adanya bendungan yang luas dan besar ini.

Namun seiring perjalanan waktu, beberapa spot yang ada di bendungan ini sering dijadikan destinasi wisata.

Terutama saat senja sudah datang, banyak orang yang mampir sejenak sekedar untuk selfie atau duduk santai sambil menikmati jajanan di pinggir jalan.
Karena ada beberapa pedagang keliling yang senagaja ngetem di tempat ini agar banyak pembeli yang mampir.

Lokasi: Koto Nan IV Dibawuah, Kec. Ix Koto, Kab. Dharmasraya.

3. Bukit Tambun


Sebuah bukit yang indah dan luas ini sering dijadikan lokasi paralayang karena bukitnya cukup bersahabat. Banyak atlet atau pengunjung biasa yang suka ke bukit ini hanya untuk terbang bebas dengan layangan besar.

Angin yang ada di bukit ini cukup stabil sehingga dapat membuat aktivitas paralayang menjadi lebih menyenangkan.

Lokasinya yang cukup dekat dengan pusat kota juga menjadikan tempat ini mudah untuk dikunjungi.
Sekilas tempat ini mirip dengan padang rumput jika dilihat dari atas karena tidak ada pohon besar yang menghalangi. Mirip sekali dengan permadani di lapangan hijau.

Lokasi: Sungai Kambut, Kec. Pulau Punjung, Kab. Dharmasraya.

4. Danau Hijau


Disebut dengan danau hijau karena warna air yang ada di danau ini bewarna hijau. Belakangan ini wilayah Sumatera memang muncul beberapa danau karena memang dapat dikatakan munculnya danau ini karena buatan manusia.

Banyak area pertambangan yang kini berubah menjadi destinasi wisata karena menjadi lahan yang indah dan cantik.

Tak ayal semua orang sering datang untuk berfoto atau selfie di tempat yang indah tersebut. Salah satunya Danau Hijau ini merupakan objek wisata yang berasal dari hasil tambang.

Lokasi: Sitiung IV, Kec. Sungai Rumbai, Kab. Dharmasraya

5. Embung Kotoranah


Hal paling menarik yang ada di embung ini ialah balon udaranya. Memang ada persewaan balon udara untuk berkeliling di sekitar embung. Banyak pemandangan menarik yang bisa Anda lihat jika naik ke balon udara ini.

Beragam keindahan tersebut sesuai dengan fasilitas yang tersedia di sekitar embung, sangat lengkap dan modern.

Beragam fasilitas tersebut antara lain toilet, rumah makan dengan beragam menu dan lahan parkir yang luas. Pasti seru jika datang ke embung ini secara berkelompok.

Lokasi: Koto Ranah, Kec. Koto Besar, Kab. Dharmasraya.

6. Ngalau Cigak


Tempat ini berupa dataran tinggi yang memiliki panorama indah. Anda tidak hanya disuguhkan dengan pemandangan sawah dan lahan hijau saja. Ada beberapa sungai dan danau yang bisa Anda lihat dari ketinggian.

Hanya saja untuk bisa datang ke puncak Ngalau Cigak ini butuh perjuangan yang panjang dan lama. Jika Anda pendaki pemula maka butuh waktu sekitar 2 jam, namun jika sudah terbiasa maka hanya butuh waktu kurang dari 2 jam saja.

Tidak dianjurkan membawa balita ke tempat ini karena rutenya cukup sulit jika harus menggendong. Namun bagi Anda yang sudah terbiasa membawa balita maka boleh saja asal ada pengawas atau pemandu yang ikut.

Lokasi: Kampung Surau, Kec. Pulau Punjung, Kab. Dharmasraya.

7. Puncak Gunung Medan


Banyak hal menarik yang bisa dilakukan di atas puncak, salah satunya meletakkan bendera merah putih. Kemudian Anda bisa kemah sejenak dengan bekal yang cukup banyak agar tidak kelaparan berada di puncak sebuah gunung yang sejuk dan dingin.

Selain itu, Anda juga dapat mengabadikan moment berharga itu dengan berfoto atau merekam video. Banyak sekali pemandangan indah yang bisa Anda nikmati bersama sahabat atau orang tersayang. Tidak dianjurkan membawa balita ke puncak gunung ini karena treknya cukup berbahaya.

Lokasi: Gunung Medan, Kec. Sitiung, Kab. Dharmasraya.

Itulah 7 tempat wisata hidden gem yang ada di daerah Dharmasraya yang wajib kamu kunjungi bersama keluarga dan teman dekatmu. Semoga artikel ini bermanfaat. (*)

Berita Lainnya

Index