Ada 12 ‘Kartini’ dari Faterna Unand Bikin Ini dalam Waktu Singkat, Siapa Saja?

Guru besar wanita asal Faterna Unand menerbitkan sebuah buku bertepatan dengan Hari Kartini. (Foto: Dok. Humas Unand)
Guru besar wanita asal Faterna Unand menerbitkan sebuah buku bertepatan dengan Hari Kartini. (Foto: Dok. Humas Unand)

HALONUSA.COM – Sebanyak 12 guru besar atau profesor perempuan asal Fakultas Peternakan (Faterna) Universitas Andalas (Unand) sukses menerbitkan sebuah buku dalam waktu relatif singkat, dua bulan.

12 profesor itu, di antaranya, Arnim, Zaituni Udin, Fauzia Agustin, Mardiati Zain, Wizna, Mirnawati, Husmaini, Maria Endo Mahata, Nuraini, Yetti Marlida, Endang Purwati, dan Salam N Aritonang.

Bacaan Lainnya

Perwakilan tim penulis buku, Maria Endo Mahata mengatakan, ide tersebut muncul dari pemikiran bersama para guru besar wanita Faterna Unand.

“Sebagai wanita intelektual apa yang bisa kami perbuat? tentunya kita punya karya-karya tulisan, pemikiran dan hasil-hasil penelitian yang bisa kita satukan dan dibaca serta dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas,” katanya, Kamis (21/4/2022).

Peluncuran buku tersebut, katanya bertepatan dengan Hari Kartini sebagai momentum melahirkan karya dari para guru besar di Faterna Unand.

Buku tersebut berisi hasil penelitian yang terdiri dari bidang ruminansia, ternak unggas, teknologi dan indutri pakan serta bioteknologi hasil ternak.

“Proses pengerjaan bukunya cukup singkat yaitu selama dua bulan karena tekad, semangat serta kekompakan dari para guru besar sehingga lahirnya karya dari 12 guru besar ini dalam sebuah buku,” katanya.

Baca juga: 10 Jurusan Sepi Peminat SNMPTN di Unand, Ada Sastra Minangkabau

Baca juga: Aturan Baru Mudik, Pengamat Transportasi: Aturan Wajib Booster Susah Diimplementasikan Pada Transpotasi Darat

Pos terkait