Ada Buaya di Sungai Pasaman, BKSDA Turunkan Tim Khusus

Ilustrasi penampakan buaya di sungai (Foto: Penampakan buaya di sungai di Kota Padang)
Ilustrasi penampakan buaya di sungai (Foto: Penampakan buaya di sungai di Kota Padang)

HALONUSA.COM – Sesosok buaya muara terlihat di daerah Jorong Bungo Tanjung, Nagari Malampah, Kabupater Pasaman pada Kamis 3 November 2022.

“Kami mendapatkan laporan dari salah seorang warga yang mengaku melihat buaya muara di aliran sungai di daerah tersebut,” kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat, Ardi Andono, Jumat 4 November 2022.

Setelah mendapatkan lapran tersebut, pihaknya langsung menurunkan Tim Wildlife Rescue Unit (WRU) Seksi Konservasi Wilayah (SKW) untuk mengecek keberadaan buaya tersebut.

“Saat ini tim masih melakukan identifikasi terhadap laporan tersebut,” lanjutnya.

Tim yang diturunkan melakukan verifikasi laporan konflik tersebut bersama babinkamtibmas tigo nagari, wali jorong Babinsa, dan masyarakat.

Ia mengimbau agar masyarakat tetap waspada dengan kemunculan buaya tersebut, tetapi tidak boleh terlalu takut. Jika melihat ada buaya di sungai, diharapkan agar tidak mendekati.

“Hal yang harus dilakukan masyarakat pertama Kurangi aktivitas di sungai utamanya untuk MCK. Kedua pihak nagari bisa membantu memasang plang himbauan dan ketiga diharapkan masyarakat juga menghentikan aktivitas mengambil batu atau pasir yg menyebabkan buaya berpindah,” imbaunya. (*)

Pos terkait