AJI Padang Gelar Pelatihan Cek Fakta untuk Jurnalis di Sumatera Barat, Upaya Perangi Hoaks

AJI Padang Gelar Pelatihan Cek Fakta untuk Jurnalis di Sumatera Barat, Upaya Perangi Hoaks (Foto: AJI Padang/Halonusa)
AJI Padang Gelar Pelatihan Cek Fakta untuk Jurnalis di Sumatera Barat, Upaya Perangi Hoaks (Foto: AJI Padang/Halonusa)

HALONUSA.COM Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Padang  berkolaborasi  dengan Google News Initiative menggelar pelatihan cek fakta untuk jurnalis di Sumatera Barat (Sumbar).

Pelatihan ini diikuti oleh 20 peserta dari berbagai media di lokasi yang berbeda selama dua hari, Sabtu-Minggu, 21-22 Mei 2022.

Bacaan Lainnya

Di Kota Padang ada empat pemateri yang ditugaskan oleh AJI, yakni Donal Chaniago, Novia Harlina, Yose Hendra dan Ocha Mariadi.

Materi pelatihan diantaranya mengenai lanskap hoaks dan peran media, anatomi hoaks, analisis sumber, konten, dan audit media sosial.

Dilanjutkan dengan verifikasi lokasi, verifikasi waktu, teknik pencarian google, digital hygiene, dan etika pengecekan fakta.

Ketua AJI Padang Aidil Ichlas mengatakan, pelatihan ini bagian upaya untuk memperjuangkan Tri Panji AJI, yaitu mendorong dan melindungi kemerdekaan pers, mewujudkan profesionalisme jurnalis, dan meningkatkan kesejahteraan jurnalis.

Menurut Aidil saat ini konten berita palsu atau hoaks marak, hal ini menjadi tantangan di era digital seiring terus meningkatnya penggunaan internet di Indonesia.

Salah satu cara untuk memerangi informasi bohong tersebut adalah dengan meningkatkan literasi digital.

“Pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan bersama, apalagi perkembangan teknologi ke arah serba digital saat ini semakin pesat, jurnalis harus bisa membedakan mana informasi asli dan hoaks. Kami di AJI berharap peserta bisa menjadi pelopor pemberi informasi untuk lingkungan sekitar,” kata Aidil Ichlas.

Pos terkait