Amankan Pemilu, Polda Sumbar Turunkan 4.000 Personel

Amankan Pemilu, Polda Sumbar Turunkan 4.000 Personel
Kapolda Sumbar, Irjen Pol Suharyono melakukan pengecekan kesiapan personel

HALONUSA.COM - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat menurunkan sebanyak 4.000 personel untuk melakukan pengamanak Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan dilaksanakan pada Rabu 14 Februari 2024 mendatang.

"Personel sebanyak 4.000 orang ini merupakan personel bantuan dari Polda Sumbar yang dikerahkan ke berbagai Polres yang ada," kata Kapolda Sumbar, Irjen Pol Suharyono.

Ia menyebutkan, tugas yang diemban para personel sangat berat karena bertanggung jawab mengamankan 17.569 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah Hukum Sumbar.

“Ada sekitar 4 Ribu lebih personel Polda Sumbar digeser untuk melakukan pengamanan tahap pemungutan suara Pemilu Tahun 2024,” ungkapnya.

Ia mengingatkan, selama tahap pemungutan hingga penghitungan suara, pentingnya kondisi kesehatan dan ketahanan fisik yang prima, terutama mengingat beberapa TPS berada di daerah dengan kondisi medan yang berat.

“Kita harus siapkan kondisi kesehatan dan ketahanan fisik yang prima. Beberapa TPS berada di daerah dengan kondisi medan yang sulit, namun kita harus tetap melaksanakan tugas dengan baik,” tambah Kapolda.

Dalam pengendalian pengamanan pemungutan suara, Kapolda Sumbar menjelaskan bahwa pihaknya menugaskan PJU ke Polres/Ta jajaran sebagai bantuan asistensi dan supervisor. Upaya ini dilakukan agar pemilu dapat berjalan sesuai harapan dan terhindar dari potensi gangguan keamanan.

Kapolda Sumbar juga mengimbau personel untuk selalu mengikuti pedoman yang telah disusun, antara lain mengenali wilayah tugas, mengamankan logistik pemilu, ikuti buku petunjuk pam TPS, serta melarang melakukan pencatatan atau dokumentasi perolehan suara.

“Selain itu, pentingnya koordinasi dengan TNI dan Linmas serta menjaga keselamatan dan kesehatan selama melaksanakan pengamanan TPS juga menjadi prioritas utama,” terangnya. (*)

Berita Lainnya

Index