3 Tempat Wisata di Sumbar yang Terkenal Mistis, Berani Uji Nyali? Datang ke Sini

Rabu, 25 Januari 2023 | 14:04:59 WIB
Danau Singkarak. (Foto: Belajar Geologi)|(foto: indonesiakaya)
HALONUSA.COM - Di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), ada banyak tempat wisata. Beberapa di antaranya, ada yang terkenal dengan kisah mistisnya.

Di sejumlah tempat wisata di Sumbar tersebut, kerap muncul kejadian-kejadian horor. Cerita mistis pun beredar di tengah masyarakat.

Kerap kali terjadi suatu peristiwa horor yang melibatkan manusia dengan makhluk dimensi lainnya secara terang-terangan.

Beberapa mitos di antaranya, sempat menyebut adanya korban jiwa seperti misteri Danau Singkarak yang minta tumbal jika Hari Raya Idul Fitri jatuh pada hari Jumat.

Bagi kamu warga Sumatera Barat atau luar daerah, dapat membuktikan sendiri, apakah benar 5 tempat wisata yang Halonusa.com rangkum pada artikel ini.

Mari buktikan dengan mengunjungi tempat lainnya seperti Lubang Jepang dan Makam Sitti Nurbaya sebagai wadah uji nyali, apakah kamu percaya mistis?

3 Tempat Wisata Mistis di Sumatera Barat


1. Makam Sitti Nurbaya

[caption id="attachment_43123" align="alignnone" width="900"]Makam Siti Nurbaya Jalan menuju Makam Siti Nurbaya (foto: indonesiakaya)[/caption]

Siti Nurbaya merupakan suatu tokoh lokal yang dikenal luas secara nasional, sosok cerita dalam bentuk novel yang ditulis oleh Marah Rusli ini bahkan diabadikan dalam nama jembatan.

Bahkan, jika menanjaki area pendakian sekitar, terdapat sebuah ruang yang disebut sebagai makam Siti Nurbaya yang kerap kali membuat warga terkejut.

Karena kehadiran sosok-sosok tak kasat mata yang memperlihatkan diri dalam bentuk yang mengerikan, konon katanya, juga sering dijadikan tempat pesugihan pada masa lalu.

Tidak ayal beberapa pendaki yang ingin melihat keindahan Gunung Padang dari ketinggian, pernah mencium bau bunga yang disajikan untuk orang mati, ketika melewati makam.

2. Lubang Jepang 

[caption id="attachment_38554" align="alignnone" width="640"]Lobang Jepang Bukittinggi. (Foto: Wikipedia) Lobang Jepang Bukittinggi. (Foto: Wikipedia)[/caption]

Menurut beberapa rumor yang beredar, banyak orang masih melihat penampakan tentara Jepang yang masih berkeliaran di sekitar Lubang Jepang.

Hal tersebut karena latar belakang kerja paksa yang dilakukan orang Jepang terhadap warga Indonesia dari berbagai daerah, untuk membuat bangunan tersebut.

Setiap kelompok berjumlah sekitar 15 orang diperintahkan bekerja keras hingga batas kemampuan mereka dan ketika meninggal karena kelelahan atau kelaparan, maka mereka akan dibuang.

Terdapat juga lokasi dapur penyiksaan yang kala itu difungsikan untuk membuang jenazah para pekerja paksa dan tawanan perang yang mati, ke Ngarai Sianok.

Hal aneh lainnya, saat proses pembuatan Lubang Jepang yang bersih dan cepat ini adalah tanah galian. Tanah galian Jepang dalam pembuatan lubang ini tidak ditemukan saat proses penggaliannya.

Namun saat ditanyakan kepada pemuka masyarakat pada waktu itu, ada yang mengatakan bahwa tanah galian tersebut dibuang sedikit demi sedikit ke Ngarai yang airnya cukup deras.

Tidak banyak yang tahu, ternyata Lubang Jepang ada terowongan yang menuju ke arah Jam Gadang. Namun karena lubang yang kecil dan sangat minim oksigen, terowongan ini pun ditutup untuk umum.

3. Danau Singkarak

[caption id="attachment_27923" align="alignnone" width="800"]Danau Singkarak Danau Singkarak. (Foto: istimewa)[/caption]

Menurut akun TikTok @Ayuca_17, saat tahun 1980-an itu, Hari Raya Idul Fitri yang bertepatan dengan hari Jumat, sebuah kapal berlayar dan kemudian tenggelam secara misterius.

Semua penumpang di kapal tersebut meninggal dunia, kecuali 5 orang warga sekitar karena Danau Singkarak tidak menerima korban di dekat danau.

Selanjutnya, ada terowongan panjang di dasar danau yang katanya menghubungkan Danau Maninjau dengan Danau Singkarak meski kedua danau lokasinya sangat jauh.

Awal mula misteri ini didasari dengan keberadaan Tangga Batu Basurek di dasar danau, yang disebut menghubungkan penemuan mayat tenggelam.

Katanya, jika ada mayat tenggelam di Danau Maninjau, jasadnya akan ditemukan di Danau Singkarak dan begitu juga sebaliknya.

Ada pula cerita yang beredar, menyebut bahwa pertambahan luas Danau Singkarak di Kabupatan Solok karena adanya memakan korban setiap tahun ini.

Itulah 3 tempat wisata yang dikenal mistis di Sumatera Barat. Semoga artikel ini bermanfaat. (*)

Tags

Terkini