30 Persen Kendaraan yang Mudik ke Jawa Tengah Belum Kembali ke Jakarta

Sabtu, 29 April 2023 | 16:16:36 WIB
Ilustrasi tol Jakarta
HALONUSA.COM - 30 persen kendaraan yang mudik lebaran Idul Fitri 2023 ke arah Jawa Tengah masih belum kembali ke Jakarta hingga saat ini.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Irjen Pol Ahmad Luthfi yang menyatakan bahwa masih banyak kendaraan yang masuk saat arus mudik belum keluar dari Provinsi Jawa Tengah.

Untuk mengantisipasi kepadatan saat akhir pekan, pihaknya akan melakukan beberapa hal agar keadaan lalu lintas tetap lancar dan aman hingga arus balik Lebaran Idul Fitri 2023 selesai.

"Polda Jateng dan Korlantas Polri akan memberlakukan one way (jalan satu arah) jika terjadi kepadatan arus kendaraan Tol Trans Jawa. Khususnya mulai Gerbang Tol Kalikangkung – Cikampek," kata Luthfi selepas memberangkatkan 500 bus pemudik ke Jakarta secara gratis, di Gor Satria Purwokerto Sabtu (29/4/2023).

Namun, lanjutnya, jika kondisi jalan tol, masih belum terlalu padat maka tidak akan mengambil kebijakan satu arah tersebut. "Jam 2 siang nanti kita akan evaluasi, jika mengalami kepadatan arus balik maka akan dilakukan one way,” kata Luthfi.

Sisi lain, ia mengharapkan, program mudik-balik gratis dapat mengurangi kepadatan kendaraan. "Semoga mengurangi kemacetan arus balik ke Jakarta baik di jalan utama maupun jalan tol," ucapnya.

Dijelaskan, pihaknya bekerja sama dengan TNI dalam menyediakan ratusan bus tersebut. "500 bus itu dapat mengangkut 25 ribu orang," ujarnya. (*)

Tags

Terkini