4 Masjid Terkecil di Dunia, Nomor 3 Ada di Sumbar

Selasa, 28 Maret 2023 | 08:46:02 WIB
Masjid Al Badiya, Uni Emirat Arab (foto: wikipedia)|Masjid Dhai Seedhi Ki, India (foto: 123RF)|Visualisasi Masjid MIR Mahmood Shah, India (foto: dok.Istimewa)
HALONUSA.COM - Pada artikel ini, terdapat rangkuman terkait 4 masjid terkecil di dunia dan di nomor 3 bangunannya ada di Sumatera Barat (Sumbar).

Kamu dapat menjadikan beberapa masjid tersebut sebagai tempat wisata religi selama bulan Ramadhan 2023, kunjungi lah saat menunggu waktu berbuka puasa sore harinya.

Untuk diketahui, sebuah bangunan dapat dikatakan masjid apabila sudah memenuhi beberapa syarat. Salah satunya, dapat memuat paling kurang 40 jemaat sholat Jumat.

Namun, beberapa masjid berdasarkan rangkuman Halonusa di bawah ini ada yang memuat 5 orang saja. Tentu, penggunaan masjid tersebut tidak maksimal dalam penampungan lebih banyak jemaah.

Kemungkinan karena kapasitas pembangunannya sudah sejak berabad-abad lalu adalah salah satu alasan penamaannya sebagai masjid, kemudian pamornya makin dikenal dari masa ke masa hingga sekarang.

4 Masjid Terkecil di Dunia


1. Masjid MIR Mahmood Shah, India

[caption id="attachment_50359" align="aligncenter" width="600"]Visualisasi Masjid MIR Mahmood Shah, India (foto: dok.Istimewa) Visualisasi Masjid MIR Mahmood Shah, India (foto: dok.Istimewa)[/caption]

Melansir travel okezone, Masjid MIR Mahmood Shah di India ini hanya memuat 5 orang saja dengan ruangan setara ruang keluarga tapi memiliki sejarah pembangunan.

Masjid MIR Mahmood Shah, India didirikan pada masa Dinasti Qutb Shahi abad ke-16 dan dinamai oleh seorang sufi dari Irak masa itu. Namun sekarang, penggunaannya sudah tak dipakai lagi.

Ukurannya hanya 10,21 meter dan setinggi 530 meter di atas permukaan laut yang dibangun oleh tentara muslim dengan arsitektur khas Qutb Shahi untuk menarik wisatawan berkunjung.

Sekarang, perawatannya sudah tak diperhatikan lagi hingga memunculkan tanaman liar di teras dinding. Sehingga, Masjid MIR Mahmood Shah tidak bisa dijadikan sebagai tempat ibadah lagi tapi masih layak dilakukan kunjungan wisata religi.

2. Masjid Al Badiya, Uni Emirat Arab

[caption id="attachment_50358" align="aligncenter" width="600"]Masjid Al Badiya, Uni Emirat Arab (foto: wikipedia) Masjid Al Badiya, Uni Emirat Arab (foto: wikipedia)[/caption]

Untuk diketahui, negara Uni Emirat Arab terkenal dengan bangunan masjid yang hanya memiliki kapasitas penampungan yang kecil. Berbeda dengan negara Arab-nya sendiri, yang dikenal memiliki masjid megah.

Salah satu masjid di Uni Emirat Arab bernama Al-Badiya yang hanya memiliki kapasitas penampungan hingga maksimal 70 jamaah saja, bahkan tinggi Masjid Al Badiya hanya 160 cm dengan visualisasi atap rendah.

Masjid Al Badiya yang terletak di Bukit Fujairah itu dibangun sejak tahun 1446 dan disebut sarat akan sejarah. Menurut Departemen Warisan Purbakala dengan Universitas Sydney, Australia pembangunannya menggunakan material bebatuan disekitar lokasi.

3. Masjid Batu Padang, Indonesia

[caption id="attachment_45928" align="aligncenter" width="547"]Masjid Batu Masjid Batu di UNAND, Padang (foto: Instagram/agitafernanda)[/caption]

Masjid Batu Padang punya desain unik yang disekelilingnya dihiasi dengan bebatuan dan hanya berukuran 5×5 meter saja, peresmiannya dilakukan oleh Fakultas Pertanian Universitas Andalas pada 2014 silam.

Bahan bebatuannya terdiri dari bukit karang muntiang dengan arsitektur unik, dimana dindingnya merupakan batu besar yang dilapisi menggunakan perekat dari semen.

Menurut postingan artikel Tribun Padang, ukuran masjid tersebut lebih pantas disebut sebagai mushola. Apalagi tidak dapat memuat 40 jemaat sholat Jumat, namun warga setempat sudah lumrah menamainya masjid.

Sebelumnya, masjid batu adalah mushola jabal rahmah yang didirikan oleh Fakultas Universitas Andalas (UNAND) pada 2014 lalu. Letaknya ditengah pepohonan dan bisa dimasuki siapa pun, tanpa ada pungutan biaya parkir.

4. Masjid Dhai Seedhi Ki, India

[caption id="attachment_50357" align="aligncenter" width="766"]Masjid Dhai Seedhi Ki, India (foto: 123RF) Masjid Dhai Seedhi Ki, India (foto: 123RF)[/caption]

Terakhir, Masjid Dhai Seedhi Ki yang terletak di kota Bhopal, India tersebut terkenal karena destinasi wisata danau buatan terbesar se-Asia disekitarnya dan juga jadi salah satu ikon daerah setempat.

Dulunya, Masjid Dhai Seedhi Ki dengan makna nama “Masjid dengan dua setengah langkah” ini awalnya merupakan rumah ibadah darurat untuk tentara muslim saat berperang.

Itulah sebab bangunannya hanya sekitar 2 pilar kaki saja, dimana pembangunannya dilakukan pada masa pemerintahan Bhopal oleh Sardar Dost Muhammad Khan selama tahun 1708 – 1726 dan terus berdiri hingga perang selesai sampai sekarang.

Itulah 4 masjid terkecil di Dunia yaitu Masjid MIR Mahmood Shah dan Masjid Dhai Seedhi Ki di India hingga Masjid Al Badiya, Uni Emirat Arab serta Masjid Batu Padang, Sumbar, Indonesia pada artikel ini. Semoga bermanfaat. (*)

Tags

Terkini