7 Tempat Wisata Hidden Gem di Solok, Berasa di Luar Negeri

Sabtu, 19 November 2022 | 12:50:05 WIB
Penyanyi Minang Anyqu saat berada di Puncak Gagoan, Solok. (Foto: Instagram @aniquuuuu)|Puncak Gobah. (Foto: Rental Mobil Padang)|Air Terjun Sarasah Batimpo. (Foto: Rental Mobil Padang)|Puncak Guguak Sarai. (Foto: Rental Mobil Padang)|Puncak Gagoan|Daima
HALONUSA.COM - Berwisata adalah salah satu cara untuk mengisi waktu di akhir pekan. Tapi mau berwisata ke mana?

Jangan bingung, di Kabupaten dan Kota Solok sekitarnya, ada 7 sejumlah tempat wisata yang jarang orang tahu.

Tempat wisata di Solok, Sumatera Barat (Sumbar) ini, recommended banget buat kamu untuk ingin menikmati liburan bersama keluarga dan teman-teman.

Objek wisata di Solok ini disebut juga oleh banyak orang sebagai hidden gem, alias surga tersembunyi.

Betapa tidak, pemandangan dan suasana yang disuguhkan menenangkan sekali. Rasa penat kamu setelah beraktivitas selama seminggu, dijamin hilang di sini.

Di tempat ini, kamu bisa foto-foto untuk kamu posting di media sosial. Jika pengambilan angle fotonya tepat, kamu bakal dikira orang sedang berada di luar negeri.

Penasaran apa saja tempat wisata hidden gem di Solok dan sekitarnya? Berikut Halonusa.com rangkum dari berbagai sumber:

1. Puncak Gobah


[caption id="attachment_38783" align="alignnone" width="701"]Puncak Gobah. (Foto: Rental Mobil Padang) Puncak Gobah. (Foto: Rental Mobil Padang)[/caption]

Objek wisata hidden gem di Solok berikutnya adalah Puncak Gobah, Solok. Tempat wisata ini dikelola oleh warga setempat.

Lokasi ini menyediakan berbagai spot foto yang menarik, taman bunga yang indah, juga penyewaan paralayang. Tersedia juga paket wisata alam di sini.

Puncak Gobah terletak di Nagari Aripan, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok.

2. Air Terjun Sarasah Batimpo


[caption id="attachment_38784" align="alignnone" width="701"]Air Terjun Sarasah Batimpo. (Foto: Rental Mobil Padang) Air Terjun Sarasah Batimpo. (Foto: Rental Mobil Padang)[/caption]

Air Terjun Sarasah Batimpo adalah objek wisata alam yang berada di Kelurahan Laing, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok.

Objek wisata ini cukup mudah diakses karena tak jauh dari pusat kota. Air terjunnya sangat besar dan juga bersih.

Air terjun ini merupakan hulu dari sungai yang cukup lebar di bawahnya. Kamu bisa bersantai sejenak di air terjun ini.

3. Puncak Guguak Sarai


[caption id="attachment_38785" align="alignnone" width="701"]Puncak Guguak Sarai. (Foto: Rental Mobil Padang) Puncak Guguak Sarai. (Foto: Rental Mobil Padang)[/caption]

Lalu, jika kamu ingin berswisata ke lokasi puncak yang tak kalah indah dan luas, kamu bisa mengunjungi Puncak Guguak Sarai, Solok.

Puncak Guguak Sarai ini juga dikenal dengan Puncak Happy. Lokasinya berada di sudut terpencil sehingga tak semua warga Solok tahu.

Di puncak ini, kamu bisa melihat lanskap Kota solok yang hijau dan asri. Lokasi puncak ini berada di Guguak Sarai, Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Solok.

4. Puncak Gagoan


[caption id="attachment_38786" align="alignnone" width="701"]Puncak Gagoan Puncak Gagoan[/caption]

Jika kamu tak puas di Puncak Guguak Sarai, kamu bisa ke Puncak Gagoan Solok. Tempat ini sempat viral karena spot fotonya seperti berada di luar negeri.

Tempat wisata yang satu ini sangat cocok dikunjungi oleh mereka yang menyukai tantangan. Persiapkan stamina yang cukup jika ke sana.

Kawasan ini merupakan sebuah tebing yang menjulang tinggi yang curam. Pemandangan utama yang kamu lihat saat di puncak sangat luar biasa.

Puncak Gagoan ini terletak di Desa Paninggahan, Junjung Sirih, Kabupaten Solok.

5. Daima Moosa Glamping Park


[caption id="attachment_38787" align="alignnone" width="533"]Daima Moosa Glamping Park. (Foto: Booking.com) Daima Moosa Glamping Park. (Foto: Booking.com)[/caption]

Bosan dengan wisata alam, kamu juga bisa staycation di Daima Moosa Glamping Park, Solok.

Daima Moosa Glamping Park merupakan salah satu destinasi wisata baru yang hadir di Kabupaten Solok.

Destinasi ini menyuguhkan keindahan alam dan digabungkan dengan konsep modern yang sangat memanjakan pengunjungnya.

Daima Moosa Glamping Park adalah sebuah villa yang memiliki restoran, bar, taman, dan teras. Akomodasi ini menyediakan resepsionis 24 jam dan layanan kamar untuk kamu.

Lokasi Daima Moosa Glamping Park berada di Jalan Rawang Nomor 1, Lubuk Selasih, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok.

6. Danau Talang Solok


[caption id="attachment_38788" align="alignnone" width="600"]Danau Talang Solok. (Foto: Superadventure) Danau Talang Solok. (Foto: Superadventure)[/caption]

Danau Talang merupakan danau vulkanik yang terletak di pinggang Gunung Talang. Danau ini tidak terlalu luas.

Airnya yang tenang dan lokasinya yang dikelilingi bukit membuat danau ini terkenal dengan sebutan telaga sunyi.

Danau ini terletak sekitar 5 kilometer dari danau kembar. Untuk mencapai Danau Talang dari Aia Batumbuak dibutuhkan sekitar hampir setengah jam perjalanan menggunakan sepeda motor.

Jalanan yang mempunyai tanjakan yang sangat terjal dan kondisi jalanan yang rusak berat membuat pengunjung harus ekstra hati-hati.

Melewati hijaunya kebun teh dan hutan-hutan merupakan pemandangan yang sangat mengesankan. Ditambah lagi cuaca yang begitu dingin.

Selain perkebunan teh di sekitar lokasi ini masih banyak jenis perkebunan lainnya, di antaranya adalah perkebunan markesah, terung pirus, kentang, dan sayur-sayuran lainnya.

Lokasi Danau Talang terletak di Kampung Batu Dalam, Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok, Sumbar.

7. Kebun Strowberry Alahan Panjang


[caption id="attachment_38789" align="alignnone" width="625"]Kebun Strowberry Alahan Panjang. (Foto: Antara Sumbar) Kebun Strowberry Alahan Panjang. (Foto: Antara Sumbar/Laila Syafarud)[/caption]

Tempat wisata hidden gem di Solok berikutnya adalah Kebun Strowberry Alahan Panjang. Tempat wisata ini sedang hits.

Perkebunan Strawberry ini berada persis berhadapan dengan pintu masuk Kawasan Danau Kembar. Namanya, Kawasan Agrowisata DZ Jikho Strawberry Organik.

Untuk sampai ke tempat ini, hanya dibutuhkan waktu sekitar 1 sampai 1,5 jam perjalanan dengan kendaraan dari Kota Padang. Pemandangan indah dan menyejukkan mata terpampang di sepanjang perjalanan.

Di kanan jalan, ada perkebunan teh dan hamparan Danau Diateh, sementara di sisi kiri selain perkebunan teh, ada pemandangan Gunung Talang dan Bukit Barisan.

Itulah kumpulan tempat wisata hidden gem di Solok dan sekitarnya. Semoga liburan kamu menyenangkan. (*)

Tags

Terkini