Cara Mengatasi Lemah Syahwat yang Bisa Dilakukan di Rumah

Jumat, 01 Juli 2022 | 08:08:48 WIB
Ilustrasi Lemah Syahwat
HALONUSA.COM - Lemah syahwat atau impotensi merupakan ketidakmampuan penis untuk ereksi atau mempertahankan posisi ereksi saat berhubungan seksual.

Kondisi ini bisa dialami oleh pria seiring pertambahan usia. Namun, selain faktor usia, lemah syahwat juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor lain.

Lemah syahwat lebih sering terjadi pada lansia. Umumnya kondisi ini dialami oleh pria yang telah berusia 60 tahun ke atas. Meski begitu, pria di usia produktif pun bisa saja mengalaminya.

Dikutip Halonusa.com dari Alodokter, berikut adalah cara mengatasi lemah syahwat yang bisa anda lakukan di rumah.

Jika terjadi sesekali, misalnya ketika Anda sedang kelelahan atau stres, gangguan ereksi mungkin bukanlah hal yang berbahaya. Namun, jika terjadi setiap kali hendak berhubungan seksual, kondisi ini sebaiknya diperiksakan ke dokter andrologi.

Setelah melakukan pemeriksaan dan memastikan diagnosis serta penyebab lemah syahwat, dokter akan memberikan penanganan yang sesuai dengan penyebabnya.

Berikut ini adalah beberapa penanganan lemah syahwat yang dapat dilakukan oleh dokter:

1. Penggunaan obat-obatan

Dokter dapat memberikan obat-obatan untuk mengatasi penyakit yang menjadi penyebab lemah syahwat. Setelah penyakit tersebut teratasi, biasanya keluhan sulit ereksi ini juga akan hilang.

Selain itu, dokter juga bisa memberikan obat-obatan yang dapat memaksimalkan ereksi, seperti sildenafil dan tadalafil. Namun, perlu diingat, obat-obatan tersebut harus digunakan sesuai resep dan anjuran dokter guna mencegah efek samping.

2. Terapi hormon testosteron

Selain obat, dokter mungkin akan merekomendasikan terapi hormon testosteron untuk meningkatkan libido atau mengatasi lemah syahwat pada pria yang mengalami kekurangan hormon testosteron.

3. Psikoterapi

Kasus lemah syahwat yang disebabkan gangguan psikologis dapat diatasi dengan melakukan konseling ke psikolog atau psikiater. Setelah diketahui penyebabnya, psikolog atau psikiater dapat melakukan psikoterapi untuk mengatasi lemah syahwat yang dialami pasien.

4. Pompa penis

Ini adalah alat untuk membantu penis ereksi dengan cara mengalirkan darah ke penis. Pompa penis terdiri dari tabung plastik yang ditempatkan di penis, pompa untuk menyedot udara dari tabung plastik, dan cincin elastis yang ditempatkan di pangkal penis untuk mempertahankan ereksi.

Selain dengan cara-cara di atas, untuk mencegah dan membantu mengatasi lemah syahwat, Anda perlu melakukan hal-hal berikut:

  • Mengonsumsi makanan bergizi

  • Mencukupi waktu istirahat

  • Menghindari stres

  • Tidak mengonsumsi minuman beralkohol

  • Tidak merokok

  • Tidak menggunakan obat-obatan di luar anjuran dokter, termasuk narkoba


Jika Anda menderita lemah syahwat, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan saran penanganan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Tags

Terkini