Dikira di Swiss, Tempat Wisata Ini Ternyata Berada di Sumbar, Kepoin Yuk!

Rabu, 30 November 2022 | 13:05:19 WIB
Pemandangan Alahan Panjang, Solok. (Foto: Kolase foto @kharismagema dan @adipatifozan)|Kebun Teh Alahan Panjang. (Foto: fhiaft.blogspot.com)|Pemandangan Alahan Panjang. (Foto: IG @detiksumbar)
HALONUSA.COM - Ada tempat wisata yang keren banget di Sumatera Barat (Sumbar), nih. Bahkan, banyak yang mengira tempat ini bukan di Sumbar.

Ramai orang yang beranggapan, tempat wisata tersebut ada di negara Swiss, Eropa. Benar mirip banget sih.

Apalagi view tempat wisata ini dilihat dari ketinggian. Tampak bangunan-bangunan dengan atap berwarna merah yang berdiri di tepian perairan.

Pohon cemara menjulang tinggi juga menambah keindahan tempat wisata ini. Pemandangan yang tak bosan-bosan untuk ditatap.

Tempat wisata yang dikira berada di Swiss itu adalah Alahan Panjang. Lokasinya masuk dalam wilayah Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumbar.

[caption id="attachment_39343" align="alignnone" width="400"]Pemandangan Alahan Panjang Pemandangan Alahan Panjang. (Foto: IG @detiksumbar)[/caption]

Tak hanya pemandangannya yang indah, udaranya juga segar banget. Negeri ini sangat dingin meski tak ada salju.

Alahan Panjang sendiri dikenal sebagai salah satu daerah paling dingin di Sumbar dengan suhu 19-21 celcius.

Desa wisata Alahan Panjang ini berada di ketinggian 1.400-1.600 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Tempat wisata ini berada di tepian Danau Kembar, yakni Danau Diatas dan Danau Dibawah. Terdapat juga gunung berapi yang masih aktif, yakni Gunung Talang.

Bagi kamu yang belum pernah ke sini, buruan datang. Lebih seru bersama teman-teman atau keluarga.

Jika dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Alahan Panjang memiliki jarak 70 km dengan waktu perjalanan sekitar 2 jam lebih.

Alahan Panjang ini adalah pilihan wisata hidden gem. Kamu bisa staycation di villa atau homestay yang keren-keren di sini.

Ada beberapa homestay yang bisa kamu sewa di sini, di antaranya adalah Central Park (Camping Arena), Agrowisata Kebun Strowbery, Alahan Panjang Resort, Penginapan Danau Diatas, Hotel Gren Hill, Villa Kayu Putih dan Hotel Kayu Putih.

Selain daya tarik wisata pemandangan, Alahan Panjang juga mempunyai kuliner yang wajib kamu coba.

Beberapa di antara kuliner khas Minangkabau yang bisa kamu santap di Alahan Panjang ini adalah randang, lamang hitam, ampiang dadieh, bawang goreng, keripik kentang, dan dodol tomat yang sedang dikembangkan.

Jika kamu sudah berada di Alahan Panjang, apa saja spot-spot yang bisa kamu kunjungi? Berikut rekomendasinya seperti dikutip dari Reddoorz:

1. Danau Kembar


[caption id="attachment_27926" align="alignnone" width="682"]Danau Kembar di Kabupaten Solok. (Foto: correcto.id) Danau Kembar di Kabupaten Solok. (Foto: correcto.id)[/caption]

Wisata Alahan Panjang pertama yang wajib kamu kunjungi yaitu Danau Kembar. Diberi nama Danau Kembar karena lokasinya yang unik dan berbeda dari danau biasanya.

Danau Kembar terdiri dari 2 danau yang punya lokasi berbeda, yakni Danau Diatas dan Danau Dibawah.

Danau Dibawah berada di Nagari Bukit Sileh sedangkan Danau Diatas berada di Nagari Alahan Panjang.

Danau Kembar terletak di Bungo Tanjung, Lembah Gumanti, Solok, Sumatera Barat dan punya view yang memanjakan mata.

Buat kamu yang ingin mengunjungi danau ini, hanya perlu mengeluarkan tarif Rp4 ribu saja per orangnya dan juga wisata ini buka setiap hari selama 24 jam.

2. Kebun Teh Alahan Panjang


[caption id="attachment_39334" align="alignnone" width="711"]Kebun Teh Alahan Panjang Kebun Teh Alahan Panjang. (Foto: fhiaft.blogspot.com)[/caption]

Di Alahan Panjang Solok Sumatera Barat ada kebun teh yang lokasinya tak jauh dari Danau Kembar.

Kebun teh ini usianya cukup tua karena sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dulu.

Biasanya para wisatawan berkunjung ke sini untuk berfoto dan menikmati suasananya yang asri sebelum mereka mengunjungi danau tersebut.

Tarif masuk Kebun Teh Alahan Panjang hanya dikenakan Rp4 ribu saja per orangnya.

Kamu bisa mengunjungi kebun teh ini kapan pun karena jam bukanya yang flexible selama 24 jam tiap harinya.

3. Pimpiang Alahan Panjang


Pimpiang Alahan Panjang merupakan pinggiran danau yang bentuknya seperti berada di pinggir pantai.

Jadi, semakin ke ujung air danau tersebut semakin dangkal dan juga sebaliknya.

Jadi, kalau mau cobain sensasi bermain air di pantai dengan suasana sejuk ala pegunungan seperti di Swiss, datang aja ke Pimpiang di Alahan Panjang. Lokasinya berada di Lembah Gumanti, Solok.

Selain itu, kalau kamu mau hunting foto, di pinggiran danau tersebut terdapat taman yang dihiasi dengan bunga yang indah dan cocok banget untuk dijadikan spot foto instagramable.

4. Bukit Cambai


Kamu mau ngerasain panorama indah empat danau dan empat gunung sekaligus? Harus banget berkunjung ke Bukit Cambai yang lokasinya berada di Sungai Nanam, Lembah Gumanti, Solok, Sumatera Barat.

Dari atas puncak buktinya kamu bisa menyaksikan Danau Kembar, Danau Singkarak, dan Danau Talang.

Udah gitu masih di tempat yang sama kamu bisa melihat indahnya pegunungan di desa ini.

Keempat gunung tersebut yaitu Gunung Kerinci, Gunung Talang, Gunung Marapi, dan Gunung Singgalang.

5. Embung Sungai Nanam


Nah, lokasi yang satu ini cocok banget untuk dijadikan tempat bersantai setelah seharian berkunjung ke destinasi wisata yang ada di Alahan Panjang.

Kamu bisa menikmati suasananya yang tenang ditambah dengan semilir angin yang membuat hati kamu menjadi lebih tenang dan damai. Embung Sungai Nanam berada di Lembah Gumanti, Solok, Sumatera Barat.

Itu dia wisata di sekitar Alahan Panjang yang bisa kamu kunjungi. Semoga liburannya menyenangkan. (*)

Tags

Terkini