Jelang PSMS Medan vs Semen Padang FC, Andre Rosiade Ingatkan PSSI harus Jaga Profesionalitas Wasit

Senin, 26 September 2022 | 09:19:04 WIB
Penasihat Semen Padang FC, Andre Rosiade. (Foto: Dok. Tim AR)
HALONUSA.COM - Penasihat Tim Semen Padang FC, Andre Rosiade mengingatkan kembali penyelenggara Liga 2 dan PSSI jelang laga antara PSMS Medan melawan SPFC, Senin (26/9/2022) pukul 16.30 WIB.

Jangan sampai, katanya, terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang merugikan persepakbolaan Indonesia.

"Kami sebagai penasihat tim mengingatkan PSSI agar mengawasi wasit yang pemimpin laga. Jangan sampai Semen Padang FC dicurangi dalam tur Sumatera Utara (Sumut) melawan PSMS Medan hari ini dan PSDS Deli Serdang tanggal 30 September 2022," kata Anggota DPR RI ini, Senin (26/9/2022) pagi.

Andre Rosiade mewanti-wanti, jangan ada penalti 'siluman' yang diduga terjadi saat tandang ke PSPS Riau di Pekanbaru dan Sriwijaya FC di Palembang, Sumsel.

Karena dalam dua laga itu, diduga sangat merugikan Kabau Sirah (julukan SPFC) yang telah unggul sampai jelang menit-menit akhir dan penalti terjadi.

"Kami semua akan mengamati dan meminta semua elemen untuk bermain sportif. Jangan sampai ada penalti ‘siluman’ terjadi seperti yang diduga tersejadi saat melawan PSPS Riau dan Sriwijaya FC. Jangan sampai ada main mata antara klub dengan wasit atau penyelenggara pertandingan," kata Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini.

Andre Rosiade kembali meminta Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule lebih memperketat seleksi dan mengawasi para wasit yang memimpin laga.

Semua elemen sepakbola di Indonesia harus bekerja sama mengawasi laga lebih baik lagi agar tidak mengecewakan.

Andre Rosiade juga meminta PSSI menerapkan teknologi VAR (video assistant referee) untuk semua tingkatan liga di Indonesia agar wasit tidak terlalu banyak membuat kesalahan, baik yang diduga disengaja atau tidak.

"Bagaimana Timnas Indonesia akan unggul kalau liga masih seperti ini. Semua sudah capek-capek membangun tim, melakukan investasi, tapi wasit seenaknya saja seperti ini," tuturnya. (*)

Tags

Terkini