Pebalap Astra Honda Kembali Cetak Sejarah Rajai Balap Asia

Senin, 13 November 2023 | 14:14:42 WIB
Pebalap Astra Honda, Veda Ega Pratama (tengah) berhasil raih podium pertama pada race kedua Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) seri kelima yang digelar di Sepang International Circuit (12/11). (Foto: AHM)

HALONUSA.COM - Dalam suatu capaian bersejarah dalam dunia balap Asia, pebalap Indonesia yang didukung oleh PT Astra Honda Motor (AHM), Veda Ega Pratama, berhasil meraih gelar juara Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) musim 2023.

Keberhasilan ini dicapai saat Veda menduduki posisi puncak podium pada race kedua seri kelima IATC di Sepang International Circuit, Malaysia.

Dengan prestasi ini, Veda menjadi pebalap Indonesia pertama yang meraih prestasi tertinggi di ajang IATC.

Prestasi Veda dalam IATC 2023 melengkapi pencapaian gemilang pebalap binaan AHM lainnya, yang sebelumnya meraih gelar juara Asia Road Racing Championship 2023 kelas AP250 dan juara balap nasional Mandalika Racing Series.

Selama sepuluh balapan IATC yang telah berlangsung, Veda berhasil mencatatkan tujuh kali podium pertama dan satu podium kedua.

Dengan dua balapan tersisa pada pekan berikutnya, ia menjaga momentum kemenangannya.

Tahun sebelumnya, Veda juga meraih posisi ketiga dalam klasemen pebalap di ajang yang sama.

Berdasarkan hasil kualifikasi seri kelima, Veda berhasil menempati posisi kelima dengan waktu tercepat 2’18.614 pada putaran kelima.

Sementara pebalap AHM lainnya, Chessy Meilandri, memulai balapan dari posisi ke-13 dengan waktu tercepat 2’20.582 pada putaran keenam.

Pada race pertama yang digelar dalam kondisi lintasan basah, Veda langsung menempati posisi tiga besar sejak lap pertama.

Meskipun sempat memimpin pada lap kedua, ia terjatuh pada tikungan keenam, mengakhiri balapan lebih awal.

Chessy, yang memulai dari baris kelima, berhasil finis di posisi ketujuh setelah menunjukkan perjuangan gigih.

Pada balapan kedua, Veda tampil impresif dengan menempati posisi kedua pada lap pertama. Dalam persaingan ketat di grup terdepan, ia berhasil menempati posisi pertama pada lap kelima dan mempertahankannya hingga garis finis.

Chessy, yang berada di rombongan ketiga, finis di posisi ke-11 setelah memberikan perlawanan konsisten.

Veda mengungkapkan kebahagiaannya atas pencapaian ini, menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada AHM, orang tua, keluarga, dan semua yang telah mendukungnya.

Dengan meraih 206 poin, Veda kini memimpin klasemen sementara dengan selisih 69 poin dari posisi kedua.

Andy Wijaya, General Manager Marketing and Planning Analysis AHM, menyatakan bahwa capaian ini merupakan bukti nyata kemampuan pebalap muda Indonesia dalam berkompetisi di tingkat internasional.

Ia berjanji untuk terus mendukung pengembangan talenta balap muda Indonesia guna mencapai puncak prestasi di dunia balap.

Seri terakhir IATC 2023 akan berlangsung di Losail International Circuit, Qatar, pada 18-19 November 2023. (*)

Terkini