Tingkatkan Pendidikan di Sumbar, Paragon Rangkul 400 Guru Ikuti Wardah Inspiring Teacher

Senin, 07 Agustus 2023 | 09:29:19 WIB
Moderator Vivi, bersama Narasumber Road to Wardah Inspiring Teacher 2023 di Kota Padang, yakni Ketua TP PKK Sumbar, Harneli Mahyeldi, brand ambassador Wardah, Dewi Sandra, dan Alumni WIT, Yusma Elda. (Foto: Dewi Fatimah/Halonusa.com)

HALONUSA.COM - Tingkatkan pendidikan di Sumatera Barat PT Paragon Technology and Innovation (Paragon) kembali adakan Wardah Inspiring Teacher (WIT) tahun 2023 yang menghadirkan 400 orang guru dari berbagai daerah di Sumbar.

Kegiatan ini berlangsung di Hotel Truntum Kota Padang hari Sabtu, 5 Agustus 2023, yang menghadirkan Tokoh Inspiratif diantaranya Brand Ambassador Wardah, Dewi Sandra, Ketua TP PKK Sumbar, Harneli Mahyeldi, dan alumni peserta WIT, Yusma Elda. Selain itu acara ini juga turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar, Barlius, serta Head of CSR & Corporate Communication Paragon, Suci Hendrina.

Suci Hendrina, dalam momen berharga tersebut, mengungkapkan bahwa PT Paragon Technology and Innovation sudah melibatkan lebih dari 2 ribu guru dari tingkat PAUD hingga SMA di seluruh penjuru Indonesia.

"Yang pastinya kita semua sangat berharap acara ini mampu menjadi perubahan yang luar biasa lagi bagi pendidikan di Indonesia, khususnya di Sumbar," ungkapnya.

Selanjutnya, CSR Senior Officer PT Paragon, Nelsa Dwi Wahyuni ikut menambahkan terkait pendaftaran Wardah Inspiring Teacher 2023 ini telah dibuka sejak tanggal 27 Juli dan akan berlangsung hingga akhir Agustus 2023 mendatang.

"Para peserta yang beruntung akan menjalani serangkaian kegiatan yang memadukan pelatihan dan pembelajaran, dengan pendampingan dari para alumni program WIT ini," katanya.

Rangkaian kegiatan ini, akan berlangsung dari September hingga November 2023 mendatang. Menuntut keinginan kuat untuk belajar, sehingga hanya guru-guru yang memiliki semangat tinggi yang akan memenuhi syarat.

Menariknya, pada tahun ini, peserta diharapkan juga memiliki aktifitas yang signifikan di media sosial, sebagai upaya untuk menularkan semangat belajar kepada sesama rekan guru.

Tema yang diangkat untuk tahun ini adalah 'Transformasi Guru untuk Merangkul Perubahan dan Kemajuan Pendidikan'. Dalam semangat ini, Wardah berupaya untuk mendorong lebih banyak guru di Indonesia agar memiliki daya inspirasi yang lebih besar lagi.

"Mereka juga diharapkan mampu beradaptasi dengan perubahan zaman, khususnya dalam pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran," tambahnya.

Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Barlius, dalam sambutannya mengapresiasi Wardah yang telah berkontribusi dalam memberikan inspirasi kepada para guru di Sumbar melalui WIT.

Ia memotivasi para guru untuk menjadikan diri mereka sebagai sumber inspirasi yang dapat membangun karakter para siswa melalui pendidikan.

"Selain mengutamakan ilmu dalam belajar seorang guru itu juga harus mengedepankan adab, seperti menanamkan dari diri kita sendiri yang sebagai guru untuk tidak mengeluarkan kata Bodoh kepada anak yang masih tengah belajar," ungkapnya.

Menurutnya hal itu sangat amat penting untuk diperhatikan, karena dengan begitu seorang guru sudah bisa mengurangi pembentukan stigma negatif terhadap anak-anak.

Dewi Sandra, salah satu tokoh inspiratif dalam acara ini, menyoroti kehormatan dalam profesi guru dan kebutuhan untuk kembali memperhatikan nilai-nilai adab dan karakter dalam pendidikan. Ia menegaskan peran krusial guru dalam mentransmisikan nilai-nilai ini kepada generasi muda.

Selanjutnya, Ketua TP PKK Sumbar, Harneli Mahyeldi menekankan kolaborasi antara orang tua dan guru dalam membentuk karakter anak di era digital ini.

"Sebagai guru pertama, peran orang tua sangatlah penting dalam membimbing anak-anak menuju kedewasaan," sebutnya.

Menariknya di acara ini Yusma Elda selaku alumni WIT turut membagikan pengalamannya. Di mana ia berhasil menciptakan metode pembelajaran kreatif untuk siswa generasi Z. Dengan inovasi ini, ia mampu membuat proses belajar menjadi lebih menarik dan interaktif.

"Dengan semangat yang berkobar, Wardah Inspiring Teacher 2023 telah membuka lembaran baru dalam upaya memajukan dunia pendidikan. Para guru bukan hanya menjadi pendidik, tetapi juga pelopor perubahan dan inspirasi bagi generasi mendatang," tutupnya. (*)

Terkini