Wali Kota Padang Ngaku Dibantu dan Difasilitasi Andre Rosiade Bertemu Menteri-menteri untuk Percepat Pembangunan

Selasa, 02 Agustus 2022 | 14:37:42 WIB
Wali Kota Padang, Hendri Septa. (Foto: Dok. Istimewa)
HALONUSA.COM - Wali Kota Padang, Hendri Septa mengaku pertama kali bertemu dengan sejumlah menteri untuk mendukung proses pembangunan karena dibantu dan difasilitasi anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra, Andre Rosiade.

Meski berbeda partai, Hendri Septa mengaku senang bekerjasama dengan Andre Rosiade karena untuk kepentingan rakyat Kota Padang.

"Asal untuk rakyat Kota Padang, saya siap berkolaborasi. Kerena wakil rakyat yang bisa berperan mempercepat pembangunan. Pak Andre Rosiade ini membawa saya pertama kali bertemu menteri-menteri. Alhamdulillah, pak Andre Rosiade membuka jalan. Makanya pembangunan berjalan lancar," katanya, Selasa (2/8/2022).

Dirinya menyebut tidak akan pernah melupakan jasa dari Andre Rosiade untuk dirinya dan Pemerintah Kota (Pemko) Padang.

Sementara itu, Andre Rosiade menegaskan, meski berbeda partai dengan Wali Kota yang juga Ketua DPD PAN Padang namun dirinya tetap membantu pembangunan. Karena setelah kompetisi politik selesai, semua harus bergandengan tangan dalam pembangunan.

"Di pusat sudah dicontohkan bagaimana pak Prabowo dan pak Jokowi. Bersaing ketat di Pilpres, tapi bergandengan tangan membangun Indonesia. Membuat Indonesia lebih cepat lepas dari pandemi Covid-19," kata Andre Rosiade.

Baca juga: Diperjuangkan Andre Rosiade, Pembangunan Pasar Rakyat Belimbing Dimulai, Hendri Septa: Jasanya tak Kami Lupakan

Terbaru, kata Andre Rosiade, kerjasama dirinya dengan Hendri Septa adalah pembangunan Pasar Rakyat di Belimbing, Kecamatan Kuranji, Kota Padang.

Setelah ini, kata Andre, ada pembangunan Pasar Raya Fase VII yang dibangun tahun ini. Selanjutnya tahun depan Pasar Ulak Karang.

"Pembangunan Sumbar harus dilakukan bersama, kolaborasi, gotong royong dan kerja sama semua pihak. Karena tidak bisa dilakukan satu kelompok saja. Kalau begitu terus dilakukan, kita akan tertinggal. Karena sekarang saja kita memang mulai tertinggal. Harus ada perubahan pola fikir dan cara bekerja," imbuhnya.

Tak Pilah-pilih

Direktur Riset Spektrum Politika Andri Rusta mengatakan, di antara politisi yang memiliki komitmen agar Sumatera Barat (Sumbar) maju dengan tidak hanya memikirkan konstituen di daerah pemilihannya adalah Andre Rosiade.

Publik paham bagaimana Andre seriusnya memikirkan Sumbar. Bahkan ikut memasilitasi kepala daerah yang ingin mendapatkan 'bantuan' pusat (kementerian) bisa membangun daerah.

"Faktanya tidak semua daerah memiliki APBD yang cukup untuk membangun. Menariknya motif Andre memfasilitasi kabupaten dan kota ini untuk memajukan daerah-daerah sehingga semakin berkibar di kancah nasional. Andre mampu melakukan ini karena kepiawaiannya melakukan lobi politik yang belum dimiliki oleh setiap politisi Senayan Dapil Sumbar," kata dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Andalas (Unand) Padang ini, Senin (1/8/2022).

Baca juga: Meski Beda Partai, Sejumlah Kepala Daerah Ini Dukung Andre Rosiade Jadi Gubernur Sumbar Beserta Alasannya

Andri Rusta mengatakan, fasilitasi yang dilakukan Andre melintasi komisi-komisi yang ada di DPR.

Tidak hanya di Komisi VI tempat Andre bekerja yang membidangi koperasi, UMKM, perdagangan, BUMN, investasi, dan standardisasi nasional, tapi juga melintasi bidang-bidang di Komisi lain yang mampu ditembusnya untuk memenuhi kepentingan daerah.

"Bukan hal yang mudah bagi politisi melakukan lobi politik untuk suatu kebijakan yang diinginkannya kecuali politisi ini memiliki jejaring politik yang kuat dan kapasitas diri yang mumpuni. Hal inilah yang dimiliki Andre Rosiade sehingga mampu membantu banyak pihak di Sumbar," katanya.

Menariknya, kata alumni FISIP Unand tahun 2000 ini, politisi dari partai lain pun berusaha meminta bantuan kepada Andre entah untuk dirinya atau konstituennya.

Baca juga: Dibalik Program Jumat Berkah Partai Gerindra dan Harapan ke Andre Rosiade Amankan Pertalite-Solar di Sumbar

Tanpa memandang partai, yang terlihat Andre justru dengan senang hati membantu sepanjang memang untuk kepentingan Sumbar.

Karakter politisi seperti Andre Rosiade tersebut memang sangat fenomenal dan langka di Sumbar.

"Sepertinya Andre Rosiade memiliki visi jauh ke depan bagaimana Sumbar ini maju dan mampu bersaing dengan provinsi lain. Visi Andre sepertinya perlu didukung oleh banyak pihak termasuk politisi lokal dan bahkan kepala daerah," kata Andri.

Namun sayang, kata Andri, tidak banyak kepala daerah dan politisi yang mau berdiskusi dan meminta bantuan Andre yang sebenarnya fungsinya sebagai anggota DPR memang demikian.

Ego politik yang besar para politisi di Sumbar yang merasa lebih hebat, lebih senior dan lebih berpengalaman menafikan keberadaan Andre ini.

Baca juga: Ustaz Kondang, Syafiq Basalamah Doakan Andre Rosiade jadi Pemimpin Sumbar dan Minta Tetap Istikamah

Anehnya juga ada yang berpikir meminta bantuan Andre berarti 'membesarkan' nama dan partai Andre, sehingga mengalahkan posisi mereka di dunia politik. Cara pikir seperti ini tentu akan merugikan masyarakat.

"Idealnya kolaborasi di antara politisi ini memang melintasi sekat ideologi politik demi kepentingan masyarakat. Inilah pesan yang disampaikan Andre Rosiade sesungguhnya," ucapnya. (*)

Tags

Terkini