Andre Rosiade Apresiasi Jamkrindo dan BNI yang Bantu Ekspor Petani Bunga

Andre Rosiade Apresiasi Jamkrindo dan BNI yang Bantu Ekspor Petani Bunga
Anggota Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade. (Foto: Dok. Istimewa)
HALONUSA.COM - Anggota Komisi VI DPR RI yang membidangi urusan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Andre Rosiade mengapresiasi langkah PT Jamkrindo dan BNI.

Dua perusahaan tersebut membantu petani bunga Indonesia melakukan ekspor ke berbagai mancanegara.

Andre mengapresiasi atas dukungan layanan penjaminan kredit yang diberikan oleh PT Jamkrindo dan BNI yang telah membuka peluang aksesibilitas finansial Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

"Tujuannya agar pelaku usaha bisa naik kelas dan mengembangkan usahanya ke kancah Internasional, salah satunya petani bunga di Indonesia," kata Andre, Senin (27/6/2022).

Ketua DPD Gerindra Sumbar ini menjelaskan salah satu UMKM yang merasakan manfaat penjaminan Jamkrindo adalah petani bunga di wilayah Jawa Barat (Jabar) khususnya Bogor, Sumedang, Subang dan Sukabumi.

"Dengan layanan penjaminan yang diberikan kepada petani tersebut, akhirnya mereka bisa mengekspor produknya hingga mancanegara seperti Eropa, Korea dan Jepang, melalui perusahaan tanaman hias di Bogor, Minaqu Indonesia," kata Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM).

Minaqu saat ini telah memberdayakan 1.200 mitra petani dan kelompok tani untuk mengekspor tanaman hias.

Berkat pendampingan dan transfer ilmu yang dilakukan oleh Minaqu, kata Andre, para petani bunga tersebut memiliki kualitas tanaman berstandar global.

Di sisi lain, Direktur Utama PT Jamkrindo Putrama Wahju Setyawan mengatakan fasilitas penjaminan kredit yang diberikan Jamkrindo kepada kelompok petani bunga di bawah naungan Minaqu merupakan bentuk konkret dari peran Jamkrindo berkolaborasi dengan lembaga keuangan dan pemerintah untuk mendorong UMKM tumbuh dan berkembang.

Minaqu memperoleh kredit KUR dari PT BNI (Persero) dan kredit tersebut dijamin oleh Jamkrindo.

"Program KUR merupakan program yang sangat strategis untuk memperkuat kemampuan permodalan usaha dalam rangka pelaksanaan kebijakan percepatan pengembangan sektor riil dan pemberdayaan UMKM," kata Putrama.

Putrama menjelaskan kolaborasi yang dilakukan dengan segenap lembaga keuangan dan juga pemerintah diharapkan dapat menumbuhkembangkan UMKM agar lebih memiliki daya saing di kancah internasional.

Ia berharap dengan dukungan yang telah diberikan oleh Jamkrindo dan BNI, Minaqu semakin sukses di pasar global.

"Potensi pasar florikultura global sangat besar, semoga dengan adanya kredit KUR yang telah disalurkan, Minaqu semakin sukses dan memberdayakan lebih banyak mitra petaninya," ujarnya.

Dia mengeklaim Jamkrindo senantiasa berkomitmen untuk menjembatani lebih banyak UMKM untuk memperoleh pembiayaan lembaga keuangan.

"Kami berkomitmen untuk berkontribusi untuk meningkatkan aksesibilitas finansial UMKM, dengan menjembatani lebih banyak UMKM feasible namun belum bankable, untuk dapat memperoleh akses keuangan dengan layanan penjaminan," ucap Putrama.

Sebagai informasi, pada Kamis (23/6/2022) lalu, Jamkrindo, BNI dan Komisi VI DPR melakukan kunjungan ke Amsterdam, Belanda, untuk menyaksikan penyerahan tanaman hias secara simbolis dari Minaqu kepada Mitra di Amsterdam. (*)

Berita Lainnya

Index