Andre Rosiade Berharap PGN jadi Pembeli Gas Blok Sijunjung untuk Tingkatkan Ekonomi Sumbar

Anggota DPR RI, Andre Rosiade memfasilitasi pertemuan Pemkab Sijunjung dengan PT PGN yang berencana hendak membeli Gas Blok Sijunjung. (Foto: Dok. Tim AR)
Anggota DPR RI, Andre Rosiade memfasilitasi pertemuan Pemkab Sijunjung dengan PT PGN yang berencana hendak membeli Gas Blok Sijunjung. (Foto: Dok. Tim AR)

Baca juga: Andre Rosiade Perjuangkan Pembangunan Menara Seluler di Sumbar, Langsung Temui Dirut Telkomsel

Pihaknya juga berterima kasih kepada Andre Rosiade yang telah memfasilitasi pertemuan tersebut.

“Hari ini kami dari PGN menerima kunjungan dari Pemda Sijunjung, Pak Bupati alhamdulillah berkenan hadir, juga mitranya dari PT RBB dan didampingi oleh bapak Andre Rosiade dari DPR RI Komisi VI. Kami dari PGN menyambut baik kunjungan ini dalam rangka mencoba untuk memonetisasi potensi gas bumi yang ada di Kabupaten Sijunjung,” kata Aziz.

Bacaan Lainnya

Aziz mengungkap potensi gas bumi di Kabupaten Sijunjung sebesar 35 juta kaki kubik per hari telah menjadi perhatian PGN.

Selain mampu memenuhi kebutuhan gas di Sumatera Barat, hasil gas bumi di Kabupaten Sijunjung ini juga dinilai dapat menopang kebutuhan gas di wilayah sekitar, seperti Sumatera Utara (Sumut), Jambi, hingga Riau.

“Selain itu, gas ini juga akan memicu tumbuhnya bisnis lain seperti bisnis angkutan atau trucking, misalnya dari Sijunjung harus dibawa ke Padang dan dari Padang harus dibawa ke daerah lainnya. Jadi kami kira ini punya potensi yang besar dan mudah-mudahan ini bisa kami wujudkan segera,” ungkapnya.

Oleh karena itu, lanjut Aziz, pihaknya berkomitmen untuk melakukan kerja sama dengan Pemkab Sijunjung untuk membangun terminal gas alam cair sebagai upaya memanfaatkan kekayaan alam tersebut.

“Liquifaction terminal itu adalah terminal yang dari gas kami liquid-kan, kami cairkan, dan itu akan kami coba bangun di Kabupaten Sijunjung. Karena infonya tadi lokasi gas itu tidak jauh dari kantor Bupati, hanya tiga kilometer, jadi sangat mudah. Mudah-mudahan nanti ini bisa kami kerjasamakan,” tuturnya.

Baca juga: Bupati Sijunjung Dukung Andre Rosiade Jadi Gubernur Sumbar 2024, Beberapa Pertimbangan Ini Jadi Alasannya

Aziz menambahkan pihaknya tak hanya berencana membangun terminal gas alam cair. Sebab, PGN turut berkomitmen menyiapkan pasar yang menyerap hasil gas alam di Kabupaten Sijunjung.

“Dan kami lihat PT RBB juga sudah mengeksplorasi. Data-data awal juga sudah ada. Mudah-mudahan nanti di akhir Juli kita akan mengaktifkan kembali kerja sama yang lebih terukur dan ada timeline-nya. Karena PGN akan mencarikan demand-nya, mencarikan market-nya. Jadi siapapun nanti yang akan memproduksi ataupun membangun LNG mini plant itu tidak usah ragu karena nanti pasarnya akan disiapkan oleh PGN,” tuturnya. (*)

Pos terkait