Andre Rosiade Minta Pemprov Sumbar Beri Kompensasi Sewa Stadion untuk Semen Padang FC

Anggota Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade. (Foto: Dok. Istimewa)
Anggota Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade. (Foto: Dok. Istimewa)

HALONUSA.COM – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Andre Rosiade menyayangkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) kurang peduli terhadap olahraga, terutama sepak bola.

Andre meminta Pemprov Sumbar untuk memberi keringanan sewa stadion untuk Semen Padang Football Club (SPFC) yang akan berlaga di kompetisi Liga 2 musim 2022/2023.

Bacaan Lainnya

Pasalnya, ‘Kabau Sirah’ (julukan SPFC) terkesan seperti ‘dipalak’ oleh Pemprov Sumbar selaku pengelola stadion.

Bukan tanpa alasan Andre Rosiade berkata demikian. Pasalnya, lapangan sepak bola Stadion Haji Agus Salim disewa, sedangkan biaya rehab karena fasilitas yang rusak tak bisa dikompensasi sebagai biaya sewa.

Padahal, SPFC sudah menggelontorkan biaya rehab stadion Rp1 miliar untuk musim 2022. Tapi masih akan dibebankan juga sewa lapangan Rp10 juta per pertandingan Liga 2. Pastinya bukan sekali dua kali SPFC memperbaiki Stadion GOR Haji Agus Salim.

Namun sayang, aset yang dimiliki oleh Pemprov Sumbar tidak pernah dilakukan perawatan sesuai dengan standar kelayakan gelaran iven olah raga nasional.

Terkadang dipakai tidak sesuai dengan fungsinya sehingga setiap awal musim, SPFC mau tidak mau harus melakukan perbaikan untuk mengembalikan fungsi lapangan sepakbola dan fasilitas stadion layak dan lulus sertifikasi oleh PSSI.

“Gubernur Sumbar mestinya mengompensasikan biaya rehab untuk biaya sewa. Masa Gubernur tidak bisa membantu SPFC, klub kebanggaan Ranah Minang. Sewa yang kecil itu masa tak bisa diperhitungkan dengan biaya rehab,” kata Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar ini.

Pos terkait