Andre Rosiade Sebut Aspirasi dan Perjuangannya Diterima usai Menteri BUMN Reaktivasi Jalur KA Sumbar

Menteri BUMN, Erick Thohir dan Anggota Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade. (Foto: Dok. Istimewa)
Menteri BUMN, Erick Thohir dan Anggota Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade. (Foto: Dok. Istimewa)

HALONUSA.COM – Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra, Andre Rosiade mengapresiasi langkah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir yang akan melakukan reaktivasi jalur kereta api lintas Sawahlunto ke Muaro Kalaban, Sumatera Barat (Sumbar).

Nantinya, jika proyek telah rampung maka jalur KA tersebut akan dimanfaatkan untuk sektor pariwisata.

Bacaan Lainnya

“Jalur kereta api sepanjang empat kilometer tersebut nantinya akan melayani kereta wisata yang akan ditarik oleh Lokomotif Uap E1060 atau lebih dikenal dengan sebutan Mak Itam,” kata Andre Rosiade yang juga anggota DPR RI asal Sumbar, Sabtu (25/6/2022).

Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini menambahkan, reaktivasi tersebut merupakan hasil dari pertemuan sejumlah Kepala Daerah di Sumbar dengan Menteri BUMN Erick Thohir pada akhir Maret 2021 lalu.

Setelah pertemuan itu, Erick Thohir membentuk Project Management Office (PMO). PMO merekomendasikan untuk reaktivasi jalur kereta api sebagai upaya pemulihan ekonomi Sumbar melalui sektor pariwisata.

“Alhamdulillah aspirasi kami selaku wakil rakyat Sumbar beserta sejumlah kepala daerah di Sumatera Barat didengar dan ditindaklanjuti oleh Pak Erick Thohir dengan membentuk PMO dan PMO merekomendasikan untuk reaktivasi jalur kereta api sebagai upaya pemulihan ekonomi Sumbar melalui sektor pariwisata,” kata Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar ini.

Baca juga: Andre Rosiade Puji Kinerja KAI karena Berhasil Urus Mudik 2022, Sebut tak Ada Keluhan

Pos terkait