Andre Rosiade Sebut Langkah Ekspor CPO Kembali Dibuka Upaya Selamatkan Petani

Anggota Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade. (Foto: Dok. Istimewa)
Anggota Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade. (Foto: Dok. Istimewa)

HALONUSA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membuka kembali ekspor sawit mentah (CPO) dan minyak goreng mulai Senin (23/5/2022) mendatang.

Hal ini dilakukan lantaran pemerintah menilai pasokan minyak goreng curah sudah melimpah dan harga sudah menurun.

Bacaan Lainnya

Jokowi meyakini dalam beberapa minggu ke depan harga minyak goreng curah akan semakin terjangkau karena semakin melimpahnya pasokan di dalam negeri.

Anggota Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Andre Rosiade menilai keputusan tersebut merupakan salah satu jalan keluar untuk menyelamatkan nasib petani sawit.

Menurut wakil rakyat yang membidangi urusan perdagangan tersebut, selama ini petani sawit menjerit selama larangan ekspor Crude Palm Oil (CPO) diberlakukan.

Baca juga: Lin Che Wei Tersangka Kasus Migor, Andre Rosiade Dukung Penuh Kejagung Bongkar Siapapun Pelakunya

Setelah ada kebijakan larangan ekspor CPO melalui Permendag nomor 22 tahun 2022, katanya, harga Tandan Buah Segar (TBS) per Sabtu (14/5/2022) anjlok.

Harganya berkisar di angka Rp1.700 hingga Rp 1.940 per kilogram. Nilai tersebut bahkan lebih rendah dibandingkan Minggu (24/4/2022) yang masih di rentang Rp2.500 hingga Rp 3.200 per kilogram.

“Apalagi dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) nomor 22 tahun 2022 sudah diatur terkait evaluasi secara berkala sesuai dengan kondisi yang berkembang di masyarakat,” katanya, Jumat (20/5/2022).

“Keputusan Presiden beri izin kembali ekspor CPO adalah salah satu win-win solution, untuk memastikan petani sawit sebanyak 16 juta orang tidak terzalimi,” sambungnya.

Pos terkait