Apa Arti dari Gestun? Berikut Pengertian dan Alasan Gesek Tunai Menjadi Minat Bagi Pengguna Kartu Kredit

Apa Arti dari Gestun? Berikut Pengertian dan Alasan Gesek Tunai Menjadi Minat Bagi Pengguna Kartu Kredit
Ilustrasi Pinjaman Saldo DANA. (Foto: iStockphoto)
HALONUSA.COM - Gestun atau gesek tunai adalah cara atau sebuah solusi bagi pemilik kartu kredit yang ingin mendapatkan uang tunai tanpa harus pergi ke ATM (Automatic Teller Machine)  dengan melalui fitur cash advance.

Dengan demikian, pemilik kartu kredit tersebut hanya perlu datang untuk  tarik tunai dengan  mudah ke gerai atau toko tertentu yang menyediakan layanan gestun atau gesek tunai.

Pengguna kartu kredit yang menarik uang tunai dari merchant, kelihatan seperti melakukan  transaksi menggunakan mesin EDC (Electronic Data Capture).

Hal tersebut yang dilakukan pengguna seolah membeli sebuah barang, tetapi yang didapat bukanlah suatu barang akan tetapi sejumlah uang tunai.

Setiap penarikan uang yang diambil melalui penggunaan kartu kredit akan menjadi bunga nantinya, yang harus dibayarkan. Biasanya para nasabah atau pemilik kartu kredit tidak menyadari hal tersebut.

Baca Juga: Benarkah Gestun Berbahaya? Berikut 6 Fakta Mengapa Gesek Tunai Dilarang

Bahwa melakukan penarikan uang melalui penggunaan kartu kredit bukanlah solusi dalam menyelesaikan masalah keuangan melainkan hanya memberikan masalah baru bagi keuangannya.

Lalu apa yang menjadi alasan bagi pengguna kartu kredit untuk menggunakan gestun atau gesek tunai?

Berikut ini alasan  yang menjadi sebagian minat bagi pengguna kartu kredit untuk menggunakan gestun atau gesek tunai.

3 Alasan Gestun atau Gesek Tunai  Menjadi Minat Bagi Pengguna Kartu Kredit




  • Biaya Penarikan Lebih Murah




Menarik uang menggunakan kartu kredit di suatu gerai, maka penarikan biayanya akan lebih murah. Nasabah biasanya hanya akan dibebankan biaya 4% di Automatic Teller Machine (ATM) kartu kredit itu sendiri.

Akan tetapi saat nasabah menarik tunai di suatu gerai maka hanya akan dibebankan biaya sebesar 2% hingga 3% saja.

Hal ini cukup lumayan apabila jumlah uang yang ditarik cukup besar, maka tidak heran jika nasabah menarik uang  tunai di suatu gerai.


  • Tidak Ada Limit Penarikan




Penarikan uang dengan kartu kredit melalui Automatic Teller Machine (ATM)  memiliki limit yang mengharuskan nasabah untuk melakukan penarikan hanya beberapa kali saja.

Akan tetapi, dengan menggunakan gesekan tunai ini, maka nasabah tidak perlu khawatir karena tidak ada limit penarikan sehingga nasabah bisa melakukan Tarik tunai berapa pun bahkan hingga bayar kartu kredit limit tersebut.


  • Tagihan Dipotong Secara Langsung




Fitur menarik dari gesek tunai adalah tagihan yang akan dipotong secara langsung. Misalnya, nasabah tersebut sudah melakukan penarikan tunai dari kartu kredit sebesar dua juta rupiah.

Maka uang yang akan nasabah terima sekitar 1,9 juta dan setelah dipotong dengan biaya Tarik tunai sebesar 2% sampai 3%. (*)

Berita Lainnya

Index