Apa Itu Kambing Etawa yang Bikin Warga Lereng Merapi Kaya?

Kambing Etawa (foto Disnakkan Grobongan)
Kambing Etawa (foto Disnakkan Grobongan)

HALONUSA.COM – Budidaya Kambing Etawa berhasil membuat seorang warga di Desa Tangkil, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten yang mulanya tercatat sebagai desa miskin di Jawa Tengah sukeses.

Untuk menjadi seperti warga tersebut, tentunya harus mengetahui apa itu Kambing Etawa dan bagaimana cara untuk membudidayakannya.

Berikut pengenalan tentang Kambing Etawa dan cara budidayanya yang dikutip dari Disnakkan Grobongan.

Bacaan Lainnya

1. Pemilihan Bibit

Dalam hal ini, anda sebaiknya dalam pembelian bibit ada baiknya membeli ke kelompok atau para peternak kambing yang sudah terpercaya, dan memiliki indukan atau anakan kambing yang berkualitas super.

Kambing etawa yang bagus untuk di jadikan induk pejantan adalah yang mempunyai postur punggung yang lurus, besar, kaki kokoh,bersih dari penyakit maupun cacat fisik, serta sudah berumur lebih dari 1,5 tahun.

Sedangkan kambing indukan betina yang bagus memiliki ciri berkaki lurus, bentuk tubuh proporsioal, bersikap jinak, mempunyai jumlah puting ada dua dan jika diraba terasa kenyal, serta kambing bebas dari penyakit.

2. Perkandangan

Dalam beternak kambing usahakan lokasi kandang anda jauh dari pemukiman warga.jangan sampai anda mambangun kandang di daerah padat penduduk. Karena akan menimbulkan polusi udara yang cukup menyengat. Peternakan kambing etawa juga membutuhkan sirkulasi udara dan sinar matahari yang cukup.

Kandang sebaiknya dibuat dari bahan yang kuat serta murah, yaitu dengan ventilasi cukup, wadah makanan mudah di jangkau, memiliki tempat penampungan kotoran dan mendapat sinar matahari. Berikut syaratnya :

Jarak kandang minimal 10 m dari rumah.
Bangun kandang tipe kandang panggung agar tidak kena kotoran _+ 0,5m.

Tempat wadah pakan setinggi bahu kambing.
Pisahkan antara kambing jantan dan betina, kecuali jika mau di kawinkan.

Mendapatkan cukup sinar matahari dan terlindung angin malam.

3. Pemberian Pakan

Pakan ternak kambing terbagi menjadi dua yaitu pakan hijauan (berupa dedauan / rerumputan) dan pakan tambahan (berupa konsentrat), serta ada tambahan lainnya yaitu silase yang merupakan pakan fermentasi dari rumput.

Pos terkait