Apa itu Rhodamin B? Ini Penjelasannya

  • Whatsapp
CULINARY-FASTING-RAMADAN-INDONESIA-Tanhar Image-Halonusa-Pasar Pabukoan-
Pengunjung saat belanja di pasar Pabukoan Siti Nurbaya, Seberang Pebayan, Batang Arau, Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat. Menikmati sunset sambil kulineran di Batang Arau. Kariadil Harefa/Tanharimage/Halonusa

HALONUSA.COM – Rhodamin B adalah pewarna terlarang yang sering ditemukan pada makanan, terutama makanan jajanan. Rhodamin B, yaitu zat pewarna berupa serbuk kristal berwarna hijau atau ungu kemerahan, tidak berbau, serta mudah larut dalam larutan warna merah terang terfluoresen sebagai bahan pewarna tekstil atau pakaian.

Jenis jajanan yang banyak dijumpai dan dicampuri dengan Rhodamin B, antara lain bubur delima, cendol, kolang-kaling, cincau dan kue-kue lainnya.
Setelah dicampuri bahan ini makanan tersebut menjadi berwarna merah muda terang.

Baca juga: BPOM Temukan Rhodamin B di Jajanan Takjil di Padang

Rhodamin B baru-baru ini ditemukan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bersama Pemerintah Kota Padang saat sidak jajanan di sejumlah pasar, dan kedapatan di Pasar Bandar Buat Padang.

BPOM Padang pun menekankan serta mengingatkan puluhan pedagang pabukoan (takjil) di Kota Padang, Sumatera Barat untuk tidak menjual makanan dan minuman yang mengandung bahan berbahaya.

Jajanan makanan itu pun disita Dinas Perdagangan Kota Padang, Sumatera Barat.

Selain itu pula BPOM Padang melakukan pemeriksaan sampel di Padang Pariaman, seperti di Pasar Kurai Taji dan Pasar Pariaman 18 sampel. Totalnya ada 30 sampel dan hasil uji laboratoriumnya masih aman.

Pos terkait