Apakah Kopi Dunia Berasal Dari Etiopia? Ini Sejarah dan Penemuan Awal Alat Metode Manual Brew 

Apakah Kopi Dunia Berasal Dari Etiopia? Ini Sejarah dan Penemuan Awal Alat Metode Manual Brew  (Foto:Instagram: @Manualbrewonly.coffee/Halonusa)
Apakah Kopi Dunia Berasal Dari Etiopia? Ini Sejarah dan Penemuan Awal Alat Metode Manual Brew  (Foto:Instagram: @Manualbrewonly.coffee/Halonusa)

HALONUSA.COM – Manual brewing adalah penyeduhan secara manual (tanpa mesin). Dalam hal ini bisa juga diartikan dengan proses pembuatan (penyeduhan) kopi dengan air tanpa menggunakan mesin, melainkan hanya dengan beberapa alat sederhana.

Apakah kamu seorang penyeduh kopi rumahan dengan menggunakan alat manual brew yang ingin tahu lebih banyak tentang alat mana nanti yang akan menjadi inventaris di rumah kamu.

Atau kamu seorang barista atau brewer yang ingin jauh lebih memahami asal-usul peralatan yang sering kamu gunakan setiap hari.

Bacaan Lainnya

Mengutip dari The Specialty Coffee Association (SCA). Bagaimana lebih dekat terhadap metode manual brew, sejarah hingga perubah dari waktu ke waktu, serta awal alat manual brewing di temukan.

Sejarah Metode Manual Brew di Kenal Dunia

Meskipun tidak ada catatan yang memberi tahu kita secara pasti kapan atau di mana orang mulai mengonsumsi kopi.

Sebagian besar setuju bahwa kopi berasal dari atau dekat tempat yang sekarang dikenal sebagai Etiopia.

Menurut buku Catherine M.Tucker, Coffee Culture Local Experiences, Global Connections.

Orang pertama yang menggunakan kopi mungkin adalah nenek moyang orang Oromo di Ethiopia.

Menurut para  wisatawan Eropa awal, gilingan kopi yang dicampur ceri dan kacang-kacangan dan lemak hewani, untuk dibuat bola makanan padat kalori yang tahan lama.

Kekaisaran Ottoma Turki, memperluas jangkauan hingga ke berbagai negara yang mencakup sebagai Afrika Utara, Eropa Tengah dan Timur hingga Asia. Ketika abad ke 15 berlalu.

Ini memungkinkan mereka untuk mengontrol rute perdagangan utama antara Asia, Afrika, dan Eropa. Di sinilah kemungkinan besar mereka menemukan kopi.

Setelah diperkenalkan dengan minuman tersebut, orang Turki menemukan salah satu metode paling awal untuk menyeduh kopi secara manual.

Roastery beans (biji yang sudah disangrai) ditumbuk menggunakan mortar (lesung), dilarutkan ke dalam air, lalu direbus dalam panci yang disebut cezve.

Sesegera itu, metode pembuatan kopi dengan metode manual brew menyebar luas dari dapur Sultan ke rumah-rumah elit di seluruh Kekaisaran Ottoman, hingga seluruh penduduk menikmatinya.

Pos terkait