Apakah Venus Pernah Memiliki Lautan? Berikut Penjelasan Para Astrofisikawan

  • Whatsapp
Pandangan tentang permukaan dan atmosfer awal Venus, lebih dari 4 miliar tahun yang lalu. Berlatar seorang penjelajah misterius yang terkejut melihat lautan benar-benar menguap di langit. | Credit: © Manchu/Konten Asli/Halonusa
ILUSTRASI | Pandangan tentang permukaan dan atmosfer awal Venus, lebih dari 4 miliar tahun yang lalu. Berlatar seorang penjelajah misterius yang terkejut melihat lautan benar-benar menguap di langit. | Credit: © Manchu/Konten Asli/Halonusa

HALONUSA.COM – Venus baru-baru ini menjadi topik penelitian penting bagi para astrofisikawan. ESA dan NASA telah memutuskan tahun ini untuk mengirim tidak kurang dari tiga misi eksplorasi ruang angkasa selama dekade berikutnya ke planet terdekat kedua dengan Matahari. Salah satu pertanyaan kunci yang ingin dijawab oleh misi ini adalah apakah Venus pernah menjadi tuan rumah lautan awal atau tidak.

Ahli astrofisika yang dipimpin oleh Martin Turbet, peneliti di Departemen Astronomi Fakultas Sains UNIGE dan anggota Planet NCCR, telah mencoba menjawab pertanyaan ini dengan alat yang tersedia di Bumi.

Bacaan Lainnya

“Kami menyimulasikan iklim Bumi dan Venus pada awal evolusi mereka, lebih dari empat miliar tahun yang lalu, ketika permukaan planet masih cair”, jelas Martin Turbet.

Menggunakan model atmosfer tiga dimensi yang canggih, mirip dengan yang digunakan para ilmuwan untuk menyimulasikan iklim bumi saat ini dan evolusi masa depan, tim mempelajari bagaimana atmosfer kedua planet akan berevolusi dari waktu ke waktu dan apakah lautan dapat terbentuk dalam proses tersebut.

“Suhu tinggi yang terkait berarti bahwa air apa pun akan ada dalam bentuk uap, seperti dalam panci bertekanan tinggi,” kata Martin Turbet.

“Berkat simulasi kami, kami dapat menunjukkan bahwa kondisi iklim tidak memungkinkan uap air mengembun di atmosfer Venus,” sambung Martin Turbet.

Ini berarti bahwa suhu tidak pernah cukup rendah untuk air di atmosfernya untuk membentuk tetesan air hujan yang bisa jatuh di permukaannya. Sebaliknya, air tetap sebagai gas di atmosfer dan lautan tidak pernah terbentuk.

“Salah satu alasan utama untuk ini adalah awan yang terbentuk secara istimewa di sisi malam planet ini. Awan ini menyebabkan efek rumah kaca yang sangat kuat yang mencegah Venus mendingin secepat yang diperkirakan sebelumnya,” lanjut peneliti Jenewa.

Perbedaan Kecil dengan Konsekuensi Serius

Pos terkait