Asal Usul Suku Tanjuang dan Sejarahnya di Minangkabau

Suku Tanjuang
Suku Tanjuang

HALONUSA.COM – Suku Tanjuang adalah salah satu suku yang ada di Minangkabau dan memiliki banyak keturunan baik di daerah luhak maupun daerah parantauan.

Suku Tanjuang merupakan bagian dai lareh Koto Piliang yang disusun ileh Datuak Katumanggungan.

Bacaan Lainnya

Menurut tambo adat Minangkabau, Suku Tanjung berasal dari Luhak Nan Tigo dan merupakan salah satu suku yang terbesar di Minangkabau. Suku ini kemudian menyebar ke wilayah rantau dan pesisir.
Di pesisir barat, banyak orang-orang yang bersuku Tanjung yang menggunakan nama suku di belakang namanya.

Hal ini berlaku di wilayah pesisir barat Sumatera dari Barus, Sibolga, Sorkam, Natal, Air Bangis, Tiku, Pariaman, Padang, Painan, dan Bengkulu, serta di Pulau Nias. Penambahan nama suku di belakang namanya bertujuan untuk menunjukkan identitas diri di tengah masyarakat pesisir yang majemuk. Di pesisir barat Sumatera Utara yang tidak lagi mengikuti adat matrilineal, penambahan suku dibelakang nama ini sebagian besar sudah mengikuti nasab ayah.

Persebaran suku Tanjung

Suku Tanjung banyak menyebar di nagari Batipuh (Tanah Datar), Kurai Limo Jorong, Ampek Angkek, Talang Sungai Puar, Maninjau (Agam), Singkarak, Talang, Koto Gaek dan Aie Batumbuak (Solok), Air Bangis dan Talu (Pasaman), Pauh IX (Padang), Padang Pariaman, Bayang dan Tarusan (Pesisir Selatan), dan di beberapa nagari lain di Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, dan Sumatera Utara.

Pos terkait