Atasi Sampah di Pantai Padang, DLH Siapkan 66 Truk

Atasi Sampah di Pantai Padang, DLH Siapkan 66 Truk
sampah pantai Padang (Halonusa)
HALONUSA.COM - Untuk mengatasi sampah di Pantai Padang, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang menyiagakan sebanyak 66 truk.

"Kita telah menyiagakan sebantak 66 truk yang siap untuk mengangkut sampah yang ada di Pantai Padang," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang, Mairizon

Selain itu, pihaknya juga memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai atau ke laut.

"Saat ini kita sudah mengedukasi masyarakat dan telah membuat jebakan agar semua sampah tidak terbuang ke laut," ungkapnya.

Menurut Mairizon, sampah yang saat ini sering memenuhi Pantai Padang bukan merupakan sampah yang baru dibuang oleh masyarajat.

"Sampah yang menumpuk itu bukan hanya sampah saat ini, tetapi sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu," katanya kepada Diskominfo Padang, Jumat (3/2/2023).

Mairizon menyebut, sampah di Muaro Lasak berasal dari kebiasaan masyarakat yang suka membuang sampah sembarangan. Sampah itu hanyut di sungai dan sudah bertahun-tahun mengendap di palung laut. Jika diperhatikan sampah tersebut sudah memiliki tekstur yang berbeda.

"Bisa kita lihat dari tekstur sampahnya yang telah tercampur," terangnya.

Ia juga menyampaikan, masalah ini selesai jika masyarakat sadar dengan lingkungan sekitar. Karena menurut Mairizon, sampah itu dihasilkan oleh kita sendiri.

Kepala DLH itu berharap agar masyarakat dapat memanfaatkan sarana prasarana yang telah disediakan oleh pemerintah.

"Sampah itu dihasilkan oleh kita, karena itu pentingnya kesadaran untuk menjaga lingkungan," tutupnya. (*)

Berita Lainnya

Index