Apakah Bandwidth Penting untuk Web Bisnis? Inilah Penjelasannya!

Apakah Bandwidth Penting untuk Web Bisnis? Inilah Penjelasannya! (Foto: Freepik)
Apakah Bandwidth Penting untuk Web Bisnis? Inilah Penjelasannya! (Foto: Freepik)

HALONUSA.COM – Mengembangkan web bisnis adalah salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang cukup efektif. Namun, sayangnya masih banyak yang mengembangkan web tanpa memperhatikan bandwidth dari hosting yang dipilih. Padahal, bandwidth adalah hal yang cukup berpengaruh dalam pengembangan website.

Walaupun begitu, masih banyak yang belum tahu, bahkan bersikap acuh pada hal penting satu ini. Alhasil, banyak pengembang web maupun audiens, yang akan mengeluhkan masalah akses internet pada website yang kamu kembangkan.

Apa Itu Bandwidth?

Bandwidth adalah sebutan untuk kapasitas maksimum, pada lalu lintas data internet dari periode hitungan tertentu. Singkatnya, semakin besar bandwidth dari hosting yang kamu pilih, akan semakin lancar dan kencang akses website yang kamu kembangkan.

Bacaan Lainnya

Secara istilah sendiri, bandwidth ini mengacu pada transfer rate data, yang terhitung dalam satuan bps (bit per second). Perhitungan ini dilakukan pada lalu lintas data yang terjadi pada server dan client, yang memiliki rentang waktu perhitungan pada periode tertentu.

Misalnya, jika kamu berlangganan hosting atau internet dengan bandwidth 10 mbps, hal ini berarti maksimum transfer rate atau lalu lintas data setiap detiknya hanya 10 mbps. Angka tersebut adalah nilai total dari penjumlahan up rate (upload) dan juga down rate (download).

Secara teknis, bandwidth terbagi dalam dua klasifikasi besar secara umum, yaitu jenis analog dan juga digital. Perbedaannya adalah satuan hitungnya, jika versi analog biasanya dihitung dengan satuan Hertz, sedangkan untuk versi digital satuan hitungnya adalah bps.

Fungsi Bandwidth Internet

Anggapan bandwidth adalah poin penting dalam mengembangkan web bisnis bukanlah opini semata, karena beberapa fungsi ini menunjukkan peranan yang besar pada performa situs yang kamu kembangkan. Hal ini bisa terjadi karena beberapa fungsinya berikut ini:

1. Penentu dari Maksimum Transfer Rate

Setiap sesuatu yang bisa kamu operasikan, pastinya memiliki kapasitas maksimumnya masing-masing. Tak terkecuali transfer rate pada lalu lintas data dalam web yang kamu kembangkan. Agar lalu lintas data tetap lancar, pastinya butuh aturan atau pembatas, agar tidak over capacity.

Oleh karena itulah, tercipta teknologi bandwidth yang dapat menentukan dan mengatur besaran data maksimum saat kamu melakukan lalu lintas data. Hal ini mengacu pada kegiatan upload maupun download yang kamu lakukan, yang sangat berpengaruh pada pengguna internet maupun kinerja sebuah website.

2. Membagi Kecepatan Lalu Lintas Data

Seperti yang sudah kamu pelajari sebelumnya, bahwa kapasitas maksimum yang tertulis pada paket internet maupun hosting tersebut terbagi dalam 2 lalu lintas data. Mulai dari kecepatan download dan juga upload, masing-masing adalah kecepatan yang terbagi dengan adanya bandwidth.

Kebanyakan pembagian tidak dilakukan dengan adil, umumnya lalu lintas download memiliki porsi lebih besar daripada upload. Hal ini mengacu pada penggunaan internet, yang tercetus dari kebanyakan pengguna, sedangkan sistem bandwidth adalah teknologi yang membagi kecepatan tersebut.

3. Memberi Batasan Speed Rate Bagi Setiap Pengguna

Bagi penggunaan internet yang ada pada sistem website, speed rate bagi tiap pengguna harus ada batasan yang jelas dan signifikan. Perbedaannya juga harus berdasarkan skala prioritas dari kebutuhan atau penggunaan internet tiap periodenya.

Untuk website, kebanyakan kecepatan harus berfokus pada transfer hosting atau server. Lalu, untuk beberapa fitur utama atau beberapa pengguna tertentu juga harus ada aturan yang berbeda. Harapannya adalah sistem berjalan sesuai dengan yang semestinya.

Jika sistem mampu berjalan dengan semestinya, maka web bisnis kamu pun mampu memberikan pengalaman yang baik bagi pengunjung website. Sehingga, trafik tinggi pun akan lebih mudah kamu dapatkan.

Contoh Bandwidth di Sekitarmu

Secara teknis, bandwidth adalah kecepatan maksimum yang terbagi dalam dua jenis, yaitu analog dan juga digital. Untuk beberapa contoh penggunaan teknologi bandwidth pada komputer dan hosting menggunakan jenis digital, sedangkan untuk jenis analog berada pada teknologi VPS. Berikut beberapa contohnya:

1. Contoh pada Komputer

Secara teori, transfer rate pada komputer tergantung pada internet yang kamu gunakan, baik melalui LAN, WAN, maupun WIFI menggunakan versi digital. Kamu bisa cek paket internet pada provider yang kamu gunakan, misal kamu menggunakan 30 mbps, maka itulah kecepatan internet yang akan kamu gunakan.

2. Contoh pada Hosting

Kecepatan internet pada hosting biasanya tertera pada paket hosting yang kamu pilih, penyedia jasa biasanya menyediakan beberapa paket dengan pilihan kecepatan yang berbeda. Contohnya seperti Niagahoster yang menyediakan bandwidth unlimited untuk tiap paket yang ditawarkan untukmu.

3. Contoh pada VPS

Contoh terakhir dari bandwidth adalah kecepatan yang ada pada VPS, yang umumnya menggunakan jenis analog. Sama dengan hosting, kamu bisa menemukan kecepatan VPS pada paket yang kamu pilih. Bedanya, detail keterangannya biasanya berupa CPU : Xx Ghz.

Sudah Paham Pentingnya Bandwidth Bagi Web Bisnis?

Dari penjelasan tersebut, dapat kamu simpulkan bahwa bandwidth adalah hal yang sangat berpengaruh pada pengembangan web bisnis yang kini kamu kelola. Karena semakin besar kecepatan paket hosting maupun VPS yang kamu gunakan, maka akan semakin lancar dan cepat transfer rate dari web tersebut. (*)

Sumber:

Pos terkait