Banjir Juga Terjadi di Solok Selatan Merendam Ratusan Rumah

  • Whatsapp
Salah satu rumah warga di Nagari Koto Baru, Kota Solok, Sumbar yang terendam banjir, Selasa Selasa (12/1/2021) | PMS/Int/Halonusa

HALONUSA.COM – Banjir tak hanya terjadi di Kota Solok, Sumbar melainkan juga terjadi di Solok Selatan.

Ratusan rumah terendam di dua kecamatan Solok Selatan (Solsel), Selasa dini hari, dipicu meluapnya Sungai Batang Suliti dan merendam Kampung Tarandam, Kecamatan Sungai Pagu.

Kemudian di Nagari Sungai Kunyit, Kecamatan Sangir Balai Janggo akibat debit air Sungai Pangian meluap.

Baca juga: Banjir di Solok, 3.000 Warga Solok Mengungsi

“Meluapanya air sungai di dua kecamatan itu karena intensitas hujan ringan hingga lebat sehingga merendam ratusan rumah warga,” kata Kepala Bidang Kedarutan dan Logistik BPBD Solok Selatan, Inroni Muharansyah saat dikonfirmasi, Selasa siang.

Ia melanjutkan tim pencarian dan pertolongan BPBD telah berada di tiap lokasi, kedalaman air di Kampung Tarandam, Kecamatan Sungai Pagu mencapai 40 sentimeter (cm).

Baca juga: Hasil Penghitungan Suara Pilkada Kabupaten Solok 2020, Epyardi Asda-Jon Unggul

Ia menjelaskan, sebanyak 45 rumah dengan 47 Kepala Keluarga dan atau 185 jiwa terdampak banjir di Jorong Pasar Sungai Sungkai akibat meluapnya Sungai Batang Pangian.

Sementara terdapat 28 rumah dengan 28 Kepala Keluarga dan atau 100 jiwa terdampak banjir di Jorong Kampuang Palak, Nagari Pasir Talang Selatan, Kecamatan Sungai Pagu.

Baca juga: Terpeleset Saat Mancing, Tukang Perabot Hanyut di Sungai Solok Selatan

Hingga malam ini petugas BPBD Solok Selatan siaga berada di lokasi kejadian dan air mulai surut di sejumlah titik di lokasi kejadian. (tan)

Pos terkait