Bansos Segera Cair, Cek Namamu di Aplikasi atau Cekbansos.kemensos.go.id

Ilustrasi bantuan sosial (Bansos). (Grafis: Halonusa.com)
Ilustrasi bantuan sosial (Bansos). (Grafis: Halonusa.com)

HALONUSA.COM – Buat kamu yang ingin tahu apakah namamu tertera pada daftar penerima bantuan sosial (Bansos) dari program keluarga harapan (PKH), silahkan simak artikel ini hingga selesai.

Pada bulan Maret ini pemerintah akan memberikan dua jenis bansos sekaligus, yaitu berbentuk bantuan langsung tunai (BLT) dan bansos bahan pokok jelang Ramadhan 2023 kepada penerima PKH.

Bagi kamu yang penasaran dengan daftar penerimanya, silahkan kamu kunjungi website resmi berikut Cekbansos.kemensos.go.id.

Bacaan Lainnya

Ingat ya, ceknya bisa langsung melalui website resmi bukan melalui aplikasi-aplikasi lainnya, agar lebih tepat sasaran.

Seperti yang telah diketahui, pada bulan Maret ini pemerintah akan menyalurkan BLT tahap 1 untuk periode bantuan Januari hingga Maret 2023.

Bantuan ini akan mencakup BLT untuk balita sebesar Rp 750.000, ibu hamil sebesar Rp 750.000, lansia sebesar Rp 600.000, penyandang disabilitas sebesar Rp 600.000, dan pelajar SD sebesar Rp 225.000, SMP sebesar Rp 375.000, dan SMA sebesar Rp 500.000.

Selain BLT, pemerintah juga sedang menyiapkan bantuan bahan pokok menjelang Ramadhan. Bantuan ini akan terdiri dari beras, telur, dan ayam, dan dikeluarkan sebagai respons terhadap kenaikan harga bahan pangan yang tinggi. Rencananya, bantuan ini akan diberikan selama tiga bulan, yaitu pada bulan Maret, April, dan Mei.

Untuk mengecek apakah Anda layak menerima BLT ini, maka Anda bisa mengunjungi situs cekbansos.kemensos.go.id. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Buka laman https://cekbansos.kemensos.go.id/
2. Masukan wilayah penerima manfaat, yakni Provinsi, Kab/Kota, Kecamatan dan Desa
3. Masukan nama Anda, sesuaikan dengan KTP
4. Ketik kode chapta yang tertera di layar
5. Lalu, klik ‘Cari Data’
6. Cek Bansos akan memunculkan data Anda jika Anda termasuk Nama Penerima Manfaat atau penerima bansos.

Jika Anda tidak terdaftar sebagai penerima BLT BBM dan ingin mengajukan diri sebagai penerima bantuan, Anda dapat menggunakan Program Usul Sanggah.

Program ini merupakan fitur yang tersedia dalam aplikasi Cek Bansos yang ditujukan untuk orang-orang yang seharusnya memenuhi syarat untuk menerima bantuan, namun tidak menerima bantuan tersebut.

Untuk menggunakan fitur ini, masyarakat harus mengunduh, mendaftar, dan memverifikasi data pada aplikasi Cek Bansos terlebih dahulu.

Setelah itu, mereka dapat mengakses fitur tersebut. Selain itu, masyarakat juga dapat menghubungi command center Kementerian Sosial di nomor telepon 021-171. (*)

Pos terkait