Banyak Orang Penting Kunjungi Rumah Makan di Solok Ini, Apa Istimewanya?

Banyak Orang Penting Kunjungi Rumah Makan di Solok Ini, Apa Istimewanya?
Beragam makanan yang disajikan Rumah Makan Keluarga di Solok. (foto: Youtube Herlina Basri)
HALONUSA.COM - Sumatera Barat (Sumbar) kerap kali dikenal dengan banyak tempat wisata juga kuliner. Termasuk juga di wilayah Kota Solok dan sekitarnya.

Nah, di Kota Solok sendiri, ada sebuah rumah makan nasi Padang yang selalu ramai dikunjungi. Tak sedikit orang-orang penting makan di sana.

Jika kamu ke Kota Solok, wajib mampir ke rumah makan satu ini. Sebab, rumah makan ini sangat populer karena memiliki cita rasa yang khas.

Tempat tersebut bernama Rumah Makan Keluarga atau Lapau Keluarga. Tempat ini juga pernah dikunjungi oleh Youtuber kuliner Minang, Herlina Basri.

Rindangnya suasana Rumah Makan Keluarga Kota Solok tersebut, menjadikannya nyaman serta istimewa karena menyediakan beraneka ragam masakan minang yang enak.

Masakan Minang di Rumah Makan Keluarga Kota Solok ini disebut unik dan seringkali dijadikan tempat untuk menjamu tamu-tamu penting dari berbagai kalangan.
Baca juga: 7 Minuman Khas Minang di Sumatera Barat, Nomor 2 Cocok untuk Pria Dewasa

Lokasi rumah makan keluarga tersebut terletak di Kelurahan Nan Balimo, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok, Sumbar. Tempat parkirnya luas untuk menampung banyak kendaraan.

Rumah Makan Keluarga yang menyajikan banyak hidangan istimewa dengan beragam menu ini, juga memiliki nama lain yaitu Lapau Keluarga dan buka dari Senin-Sabtu pada pukul 08.00-21.00 WIB.

Lapau Keluarga tersebut juga mendapat puluhan ulasan pengguna Google seperti Elly Sofrini. Menurutnya, tempat makan itu bersih. Apalagi pemandangannya yang indah, membuat pelanggan nyaman.

"Tempatnya sejuk, makan enak. Akses jalan mudah dan parkir luas," tulis Yopi Ismed pada ulasan lainnya sembari membubuhkan beberapa foto.

"Enak dan tidak asin seperti rumah makan minang biasanya," tulis pengguna Google lain yaitu Ansyor Ansyor.

Youtuber Herlina Basri dalam videonya menjelaskan, menu populer di Rumah Makan Keluarga ini yaitu Pergedel Ikan Rinuak, Goreng Burung Puyuh serta Sambalado Ati Ampela hingga Gulai Ayam dan Ikan.

Kata dia, rumah makan ini dikelola oleh pemilik Iwan Syair. Menurut si pemilik, Lapau Keluarga ini sudah ada sejak tahun 1976 yang awalnya bertempat di Pasar Raya Solok.

Selanjutnya, ia membuka cabang di sekitar Talang. Kemudian, cabang lainnya juga buka di Kabupaten Sungai Lasi hingga yang terbaru di wilayah Laiang, Kota Solok ini, dibuka sejak tahun 2000.

"Lapau Keluarga menghabiskan 80 ekor burung puyuh setiap harinya, sebagai menu favorit," ucap Iwan Syair saat diwawancara Youtuber Herlina Basri dalam videonya.

Selain itu, tersedia juga kuliner soto medan untuk menu sarapan yang terdiri dari beberapa bahan seperti kentang dan daging sapi serta Paru yang diberi kuah.

Bahan lainnya yaitu Bihun, Toge dan Ayam dengan campuran irisan tomat bersama asam kesturi yang membuat racikannya segar nikmat menggugah selera.

Aroma kuah soto yang berwarna kekuningan berempah itu, menurut Herlina Basri, sangat wangi.

Sajian tersebut sangat komplit dan mengenyangkan perutmu, sebagai asupan bergisi untukmu sebelum mulai beraktivitas di pagi hari.

"Wah ini bikin benar-benar bikin ngiler, karena kuahnya itu benar-benar wangi. Benar-benar gurih terus terasa bumbu rempahnya," kata Herlina Basri dalam Channel Youtube-nya.

Berikutnya, menu utama Restoran Keluarga Solok yaitu Gulai Ikan dan Bakwan Rinuaknya yang bikin ngiler karena berbalur adonan tepung gurih melezatkan.

Rinuak yang renyah tersebut enak dicampur bersama pedasnya Sambalado Ati Ampela, hasilkan aroma wangi-wangi dari daging Ati Ampela yang dipotong kecil-kecil.

Terakhir, Goreng Burung Puyuh yang juga dibumbui krispi dan berbunyi kriuk ketika digigit. Bumbu enaknya sampai ke tulang-tulang, burung Puyuh itu.

Jika kamu mencampurkan 3 adonan Rinuak, Burung Puyuh dan Sambalado Ati Ampela menjadi satu bersama nasi, rasanya akan semakin mantap dan sangat istimewa tentunya.

Kamu bisa mengakhiri dengan makan lalapan dan sayur yang juga disediakan, dimana Herlina Basri membayarkan harga Rp120.000 dari menu pesanannya di atas. (*)

Berita Lainnya

Index