Basarnas Tutup Pencarian Pelajar Hilang di Sungai Bangek Padang, Pemantauan Tetap Dilakukan

Pencarian hari terakhir pelajar hilang di Sungai Bangek. (Foto: Dok. BPBD Padang)
Pencarian hari terakhir pelajar hilang di Sungai Bangek. (Foto: Dok. BPBD Padang)

HALONUSA.COM – Tim pencarian gabungan memutuskan menutup pencarian terhadap seorang pelajar yang dinyatakan hilang di Lubuk Tongga, Sungai Bangek, Kota Padang ditutup.

Kepastian tersebut dipastikan oleh Kepala Seksi Operasi (Kasi Ops) Kantor SAR Padang, Octavianto, Jumat (17/6/2022) sore.

“Secara permanen kami tutup,” kata Octa kepada awak media.

Bacaan Lainnya

Octa menjelaskan, meski petugas gabungan dari TNI, Polri, BPBD, Basarnas hingga unsur kebencanaan menghentikan pencarian, pemantauan terhadap keberadaan Ikhsan Maulana, 16 tahun tetap dilakukan.

“Sampai kapanpun pemantauan itu tidak akan dihentikan, hanya di dua titik pemantauan, baik secara mobiling atau secara informatif,” katanya.

Sebelumnya, tiga pelajar dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 Padang hilang usai berenang di kawasan Lubuk Tongga, Sungai Bangek, Kecamatan Koto Tangah.

Baca juga: Dipimpin Kapolresta Padang, 2 Remaja Hilang di Sungai Bangek Padang Ditemukan

Ketiga pelajar itu hilang pada Sabtu (11/6/2022) sore. Mereka bernama Ikhsan Maulana, 16 tahun, Sintia Vita Loka, 16 tahun dan Ulfa, 16 tahun.

Rekan korban yang selamat, Aditya mengaku sempat berupaya menyelamatkan rekannya saat diseret air.

“Namun, dia tak bisa menyelamatkan rekannya itu hingga dilaporkan hilang,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik (Kabid KL) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Basril.

Basril mengatakan, empat remaja yang belakangan diketahui berasal dari SMKN 5 Padang tersebut tidak mengetahui keadaan cuaca dan debit air.

Baca juga: 3 Pelajar Padang Hilang usai Berenang di Sungai Bangek, Ini Kesaksian Korban Selamat

“Sehingga tiga di antaranya hanyut, rekan korban yang selamat melaporkan kejadian ini ke masyarakat setempat,” ujar Basril.

Pihaknya, sambung Basril, telah melakukan berbagai upaya dan metode pencarian agar korban ditemukan.

“Petugas pencarian disebar dari titik nol hanyutnya korban hingga pintu muara terdekat,” katanya.

Dipimpin Kapolresta Padang

Saat pencarian dipimpin Kapolresta Padang, AKBP Ferry Harahap, dua dari tiga pelajar tersebut berhasil ditemukan meski dalam keadaan meninggal dunia.

Pos terkait