Beasiswa Kemenkes 2023 Kembali Diadakan, Kuota 2.500 Orang

Beasiswa Kemenkes 2023 Kembali Diadakan, Kuota 2.500 Orang
Ilustrasi Tenaga Kesehatan
HALONUSA.COM - Kementrian Kesehatan sedang menyiapkan bea siswa untuk 2.500 tenaga dokter dan tenaga kesehatan pada tahun 2023 ini.

"Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dokter, dokter spesialis, dan fellowship di Indonesia," kata Juru bicara Kemenkes, Mohammad Syahril.

Menurutnya, Kemenkes bersama Lembaga Pengelolahan Dana Pendidikan (LPDP) berupaya meningkatkan jumlah penerima beasiswa pendidikan dokter spesialis. Sebelumnya, 300 dokter spesialis yang menerima beasiswa naik menjadi 600 pada tahun 2022.

"Untuk tahun 2023 menjadi 1.600 dokter yang menerima beasiswa. Kemudian, tahun 2024 kita sediakan 2.500 beasiswa untuk dokter spesialis, sub-spesialis, termasuk fellowship lulusan luar negeri," lanjutnya.

Peningkatan ketersediaan beasiswa dilatarbelakangi keterbatasan masyarakat mendapatkan akses dokter. Melalui beasiswa ini, pemerintah berharap dapat mengatasi kekurangan dokter di Tanah Air.

“Diperlukan sistem yang baru untuk meningkatkan jumlah produksi. Selain itu, hal ini dilakukan untuk pemerataan dokter di semua kabupaten/kota di Indonesia,” katanya, menambahkan.

Menurutnya, pembaruan sistem dilakukan melalui transformasi SDM Kesehatan. Untuk diketahui, Kemenkes menginisiasi transformasi kesehatan dengan enam pilar.

"Enam pilar itu yakni pilar Layanan Primer, Layanan Rujukan, Pembiayaan Kesehatan, Ketahanan Kesehatan, SDM Kesehatan, dan Teknologi Kesehatan. Transformasi memang tidak mudah, butuh kerja keras, cerdas, sinergi, kolaborasi, termasuk keteguhan hati dalam memulai dan menjalankannya," ujarnya. (*)

Berita Lainnya

Index