Begini Sejarah Berdirinya Surau Sydney Australia, Surau Pertama Orang Minang di Luar Negeri

Begini Sejarah Berdirinya Surau Sydney Australia, Surau Pertama Orang Minang di Luar Negeri
Surau Sydney Australia, surau pertama orang Minang di luar negeri diresmikan Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah

HALONUSA.COM - Begini sejarah berdirinya Surau Sydney Australia, surau pertama orang Minang di luar negeri.

Surau Sydney Australia diresmikan Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah di Gertmore Avenue No.1 Bankstorwn, New South Wales, Jumat malam, 24 November 2023.

Surau tersebut menjadi surau pertama milik orang Minang di Luar Negeri.

"Ini adalah sejarah bagi kita masyarakat Minang, dengan hadirnya Surau Sydney Australia yang diwujudkan oleh para perantau dan tokoh Diaspora Minang di sini," katanya.

Dengan hadirnya Surau Sydney Australia tersebut, Mahyeldi berharap, bisa menjadi sarana beribadah, sarana berkumpul, sarana pendidikan dalam rangkah melestarikan kebudayaan Minang bagi generasi muda Minang di luar negeri, khususnya Australia.

"Semoga surau ini dapat menjadi pusat aktivitas komunitas yang berakhlak mulia, berdaya saing tinggi dalam teknologi, dan tetap berbasis pada ajaran Islam yang tercermin dalam filosofi kita, Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah (ABS-BSK)," katanya.

Sementara itu, Consul General RI di Sydney Australia, Verdi Kurnia menyampaikan, Surau Sydney merupakan sebuah sejarah dan terobosan besar yang dihadirkan masyarakat Minang dan bahkan masyarakat Indonesia di Australia.

"Semoga hadirnya surau ini dapat menjadi ciri khas identitas masyarakat Minang, dan mampu menjaga nilai-nilai pendidikan dan budaya asal sumbar di Australia," katanya.

Senada dengan itu, Ketua Minang Saiyo Yusuf Rizal mengatakan kehadiran Surau Sydney merupakan bentuk nyata kebanggaan masyarakat Minang di Sydney Australia dengan agama dan budayanya.

Halaman :

Berita Lainnya

Index