BlackBerry Pelopor Telepon Keypad QWERTY Tamat Akhir 2021

Model menunjukkan BlackBerry Aurora. Sumber : VIVA.co.id/Mitra Angelia

HALONUSA.COM – Blackberry resmi pada 4 Desember 2021 tidak beroperasi, sebab tidak lagi tampil maksimal sesuai sistem operasi BlackBerry.

Pelopor telepon keypad QWERTY juga mengumumkan bahwa sistem operasi BlackBerry 10, BlackBerry 7.1 dan sebelumnya tidak lagi tersedia.

Bacaan Lainnya

“Sejak tanggal itu, perangkat yang menggunakan layanan dan perangkat lunak ini, baik melalui penyedia layanan atau koneksi WiFi, tidak akan benar-benar berfungsi,” kata BlacBerry, Selasa.

Fungsi penting seperti data internet, panggilan telepon, pesan teks, dan panggilan darurat 911 tidak lagi berfungsi.

BlacBerry juga telah menghentikan dukungan untuk sistem operasi tabletnya, BlackBerry Playbook OS 2.1 dan sebelumnya.

BlackBerry mengatakan alasan mereka membuang sistem operasi adalah untuk menyediakan layanan keamanan perangkat lunak intelijen untuk bisnis dan pemerintah.

Layanan dan aplikasi lain juga terpengaruh karena tidak ada dukungan untuk perangkat lain, termasuk alamat email yang menggunakan domain BlackBerry Link, BlackBerry Desktop Manager, BlackBerry Blend, dan BlackBerry Protect.

BlackBerry adalah smartphone paling populer di Indonesia lebih dari 10 tahun yang lalu, tetapi tidak menyukai Android.

Pada 2016, BlackBerry menjadi penerbit perangkat lunak. Lisensi untuk ponsel BlackBerry akhirnya dibeli oleh TCL di tahun yang sama.

Setelah TCL memiliki, ponsel BlackBerry hadir dengan sistem operasi Android, termasuk BlackBerry KeyOne dan Key2.

Sayangnya, bahkan TCL tidak dapat mengembalikan ketenaran BlacBerry. Pada tahun 2020, mereka akhirnya berhenti memproduksi merek tersebut.

Pos terkait