BMKG Bongkar Penyebab Gempa Terkini Jember Jawa Timur, Terasa Hingga Bali

BMKG Bongkar Penyebab Gempa Terkini Jember Jawa Timur, Terasa Hingga Bali
BMKG Bongkar Penyebab Gempa Terkini Jember Jawa Timur, Terasa Hingga Bali

HALONUSA.COM – Gempabumi mengguncang Jember terasa ke berbagai wilayah Selatan Jawa Timur hingga Bali. Informasi gempa hari ini berdasar data BMKG, Senin, 13 Desember 2021 bermagnitudo 5,3.

Peristiwa itu terjadi pukul 12.46 WIB siang tadi. Episentrum gempa bumi terkini Jember berada di 179 km kilometer Tenggara Jember, 9,81 derajat Lintang Selatan dan 113,67 derajat Bujur Timur dengan kedalaman 10 kilometer.

Bacaan Lainnya

Kekuatan gempa juga sangat terasa di daerah Kuta dengan III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno menyampaikan, getaran gempa ini dirasakan di daerah lainnya seperti Jember II-III MMI, Denpasar, Kuta Utara, Karangasem, Pacitan, Trengalek, Lumajang termasuk Blitar, Banyuwangi, Bondowoso dan Malang.

Baca juga: Gempa Terbaru Mengguncang Padang Akibat Aktivitas Mentawai Fault System, Penjelasan BMKG

Bambang menyebut, kalau sejauh ini belum ada dampak kerusakan dari gempa bumi ini, “Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” ujarnya.

Adapun Koordinator Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono menjelaskan info awal magnitudo gempa Jember adalah M5,3 kemudian hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update M5,1.

Daryono melanjutkan, episenter gempabumi terletak pada koordinat 9,69° LS; 113,57° BT berjarak 167 km arah Selatan Kota Jember, Jawa Timur pada kedalaman 73 km.

Pos terkait